Kesehatan

Waspada, Kandungan Bahan-Bahan Kimia Berbahaya dalam Kosmetik

Waspada, Kandungan Bahan-Bahan Kimia Berbahaya dalam Kosmetik

Tiap-tiap orang, terutama kelompok wanita, telah selazimnya senantiasa mengidamkan dianya tampak cantik serta menarik. Oleh karenanya, bermacam langkah dikerjakan untuk wujudkan hasratnya itu khasiat sambiloto

Pemakaian kosmetika adalah langkah yang diambil oleh beberapa besar golongan Udara. Tidak jadi masalah berapakah nominal rupiah yang harus di keluarkan untuk mendukung perawatan kecantikannya seandainya dianya tampak cantik serta memukau beberapa orang.

Hal itu boleh-boleh saja karna memanglah kecantikan benar-benar mahal harga nya. Tetapi, Anda butuh waspada saat juga akan memakai product kosmetika mengingat sekarang ini beredar banyak kosmetik yang membahayakan kesehatan.

Pasti Anda tidak menginginkan hal sebagai kontradiksi berlangsung dalam makna memakai kosmetik untuk kecantikan, namun yang berlangsung jadi munculnya masalah kesehatan karna kandungan beberapa bahan kimia yang sering dipakai untuk buat beragam perlengkapan kosmetik.

Pantas di ketahui kalau telah banyak kosmetika yang mengedar nyatanya memiliki kandungan bahan kimia yang beresiko seperti zat pewarna, merkuri, hidrokinon, asam retinoat, serta semacamnya.

Zat pewarna merah K10 umpamanya, atau yang sering di kenal dengan Rhodamin B, adalah zat sintetis yang umumnya dipakai untuk memberi warna kertas, tinta ataupun tekstil.

Zat Rhodamin B itu begitu beresiko untuk manusia karna dapat mengakibatkan iritasi saluran pernapasan dan adalah zat karsinogenik atau zat sebagai penyebab munculnya kanker.

Bahkan juga, kandungan Rhodamin yang tinggi dapat mengakibatkan kandungan rusaknya pada hati (liver). Oleh karenanya, saat akan beli kosmetik baiknya ketahui terlabih dulu product yang juga akan dibeli, terlebih yang berkaitan dengan kandungan bahan kimia didalamnya.

Diluar itu, tidak kalah perlunya juga untuk memperhatikan apakah kosmetik yang juga akan dibeli telah kadaluarsa atau belum juga. Untuk memastikannya, terdapat banyak tanda-tanda yang dapat dikenali kalau satu product kosmetik telah kadaluarsa seperti warnanya yang beralih (keruh), baunya tercium lebih menyengat, dan terlihat berjamur.

Selain itu, saat telah terlanjur dipakai jadi di permukaan perona mata atau perona pipi juga akan muncul bintik-bintik putih yang jika dipakai dalam periode panjang begitu memiliki resiko mengakibatkan iritasi pada mata.

  • Bahan-Bahan Kimia Berbahaya

Tubuh Pengawas Obat serta Makanan (POM) RI pada 2008-2009 yang lalu sudah lakukan pengawasan, sample, serta pengujian di laboratorium serta berhasil temukan sebagian product kosmetik yang memiliki kandungan beberapa zat beresiko seperti Hidrokinon, Merkuri, Asam Retinoat, Zat Warna Merah K. 3, Merah K. 10 serta Jingga K. 1 pada sekitaran 70 product kosmetik yang sudah mengedar di orang-orang.

Mari kita cermati beragam bahan kimia yang beresiko serta pantas dijauhi pemakaiannya dalam sehari-harinya dengan terinci.

  • Merkuri atau Air Raksa

Anda tentu sudah mengetahui atau sekurang-kurangnya sempat mendengar air raksa yang umumnya dipakai untuk mengawetkan hewan yang telah mati seperti harimau, anjing, macan tutul, dsb.

Merkuri atau air raksa ini termasuk kedalam kelompok logam berat yang beresiko yang dalam konsentrasi yang kecil meskipun telah adalah zat toksin.

Pemakaian merkuri dalam kosmetik juga akan mengakibatkan beragam jenis problem seperti perubahan pada warna kulit, bintik-bintik hitam pada kulit, iritasi kulit, alergi, rusaknya pada otak, ginjal, dan masalah perubahan janin bahkan juga paparan periode pendek dalam dosis yang tinggi serta dapat mengakibatkan muntah-muntah.

Diluar itu, yang lebih beresiko adalah kalau merkuri atau air raksa ini adalah zat karsinogenik atau zat yang dapat mengakibatkan kanker pada manusia.

  • Asam Retinoat

Bahan kimia ini cukup memiliki resiko tinggi jika turut dalam kombinasi bahan untuk kosmetika. Asam retinoat dapat mengakibatkan rasa terbakar pada kulit, kulit kering, dan cacat pada rahim (teratogenik).

  • Hidrokinon

Hidrokinon berdasar pada resep dokter termasuk juga satu diantara obat keras yang pantas diminimalkan bahkan juga dijauhi pemakaiannya. Bahaya penggunaan obat keras tanpa ada pengawasan dokter dapat mengakibatkan iritasi kulit yang merah serta rasa terbakar dan bercak-bercak hitam.

  • Bahan Pewarna Berbahaya

Di samping sebagian bahan kimia yang sudah disingkapkan diatas, yang tidak kalah berbahanya adalah pemakaian bahan pewarna beresiko seperti pewarna Merah K. 3, Merah K. 10, dan Jingga K. 1 yang disebut zat warna sintetis yang biasanya dipakai jadi pewarna pada tekstil, zat warna kertas, serta tinta.

Zat warna ini adalah zat karsinogenik yang dapat mengakibatkan kanker serta satu diantara zat warna Rhodamin B (Merah K. 10) dapat menyebakan rusaknya pada hati.

Oleh karenanya, orang-orang diinginkan waspada saat beli atau mempergunakan beberapa produk kosmetik yang diduga memiliki kandungan satu diantara zat kimia beresiko itu.

Walau sekarang ini pihak tubuh POM sudah menarik nyaris semuanya product kosmetik yang memiliki kandungan beberapa bahan beresiko itu, tetapi kewaspadaan serta kecermatan tetaplah dibutuhkan untuk betul-betul meyakinkan apakah product kosmetik yang juga akan Anda gunakan telah termasuk aman atau masih tetap membahayakan.

Jangan pernah Anda menginginkan hasil yang maksimum dari kosmetik yang dipakai namun yang berlangsung malah jadi kebalikannya jadi karena pemakaian bahan kimia beresiko yang listnya telah dibeberkan diatas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *