Uncategorized

Trademark Indonesia: Produk Cipta Dan Hak Paten

Apa yang dimaksud dengan merek dagang? Merek dagang adalah nama atau tanda atau desain yang digunakan oleh bisnis atau orang untuk mengidentifikasi mereka atau produk mereka. Merek dagang dapat dicatat dengan ®, yang merupakan singkatan dari merek dagang terdaftar; ??, yang merupakan singkatan dari merek dagang yang belum terdaftar; â, yang merupakan singkatan dari merek layanan yang tidak terdaftar.

Seseorang yang memiliki merek dagang diperbolehkan untuk melakukan tindakan hukum terhadap siapa pun yang melanggarnya atau mencoba menggunakannya tanpa izin. Seseorang tidak harus mendaftarkan merek dagang untuk dapat menuntut pelanggaran tetapi hanya dilindungi dalam area tertentu di mana nama tersebut dapat diharapkan dapat ditemukan secara wajar. Ada bank data merek dagang terdaftar. Ini dapat digunakan untuk mencari nama atau desain sebelum pendaftaran. Jika merek dagang tidak digunakan secara aktif, itu dapat Trademark Indonesia dianggap batal demi hukum. Jangka waktu yang dialokasikan untuk tidak digunakan adalah lima tahun.

Dalam beberapa tahun terakhir, nama domain telah bentrok dengan pemegang merek dagang tentang penggunaan nama atau merek yang serupa. Kasus pengadilan telah dapat membuktikan bahwa tidak ada pelanggaran terhadap suatu produk karena nama domain tersebut bukan produk. Satu-satunya jalan yang dapat ditindaklanjuti adalah apakah kesan produk dihasilkan atau tidak. Orang-orang mengandalkan merek dagang untuk meyakinkan mereka bahwa suatu barang adalah sah.

Undang-undang yang diberlakukan pada tahun 1946 mengatur hukum merek dagang. Merupakan tanggung jawab pemilik produk untuk mengawasi pelanggaran merek dagang. Label palsu, kebingungan, dan pengenceran merupakan pelanggaran merek dagang.

Dengan munculnya situs web penelitian, hanya masalah waktu sebelum ditetapkan sebagai clearinghouse untuk mencari dan memantau merek dagang. Sebuah situs bernama Trademark.com telah disiapkan untuk mencari di AS dan Eropa. Ini memberi peneliti akses ke lebih dari 60 juta nama dan tanda merek dagang.

Kantor Paten dan Merek Dagang Amerika Serikat bertanggung jawab atas pendaftaran merek dagang. Sebuah situs web telah disiapkan untuk mencari merek dagang dan pendaftaran merek dagang.

Kata, lambang, desain, atau kombinasinya yang digunakan dalam perdagangan untuk membedakan produk dari satu produsen atau pengecer dari yang lain adalah merek dagang. Hanya dua aturan bahwa merek harus digunakan dalam perdagangan dan harus berbeda.

Merek dagang tidak lagi menjadi merek dagang jika menjadi istilah umum untuk grup produk, bukan hanya satu produk tertentu. Beberapa di antaranya adalah: aspirin, plastik, es kering, email, eskalator, Laundromat, minyak tanah dan ritsleting.

Merek dagang dapat diperbarui sebanyak yang diinginkan pemiliknya selama digunakan dalam bisnis. Kekuatan merek dagang adalah hal yang sangat kuat. Banyak perusahaan membuat keputusan pembelian berdasarkan nama dan reputasi produk dan, seringkali, ini diukur dengan merek dagangnya. Merek dagang yang kuat bertahan lebih baik di pengadilan daripada merek yang lebih lemah yang didasarkan pada kata-kata umum atau kata-kata yang hanya bersifat deskriptif.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *