Uncategorized

Sejarah Singkat Motor Yamaha Rx King

Sejarah Singkat Motor Rx-King

Menyandang nama besar yang jadi legenda. Masa produksinya sudah lewat 25 tahun namun tetap di suka dan diburu pecinta roda dua. Berbagai julukan pun disandangnya. Saking hebatnya, kerap disalah gunakan oleh para pelaku kriminal.

Sehingga peredaran RX King pun sempat dijegal. Cikal bakal lahirnya varian RX King adalah Yamaha RX-King 125 cc. Kode K banyak orang yang menyebut King. Akhirnya pada peluncuran generasi setelah RX- K dengan mesin 135 cc, dinamai RX King. Kehebatan lain bisa ditengok dari sejarah ke belakang. Melewati masa produksi paling tua.

Selain diminati oleh kaum lelaki, Rx king juga banyak di minati oleh para Queen Hijab Rx King yang tidak mau ketinggalan untuk mengeber motor Yamaha 2 tak yang memiliki suara nyaring di telinga.

Generasi pertama diluncurkan 1983 sampai sekarang (2009), tetap dirakit dan dijual bebas. Dan sampai saat ini belum ada motor lokal yang melewati masa produksi selama itu. Meski setua itu, desainnya tetap futuristik, dari generasi ke generasi tidak ada perubahan besar. Hanya minor change, macam striping dan bentuk lampu.

Terkecuali pada edisi terakhir, barulah ditambahkan sistem fuel injection dan catalys pada knalpot. Jenisnya semi turing namun tetap sportif dan garang. Alangkah hebatnya bagian R&D Yamaha ketika itu. Sepintas rancang bangun RX King mirip Yamaha XS650 keluaran1981 yang dipadu dengan keinginan pasar Indonesia.

Karakter yang lincah bermanuver serta kecepatan ber akselerasi dan top speed yang cukup tinggi dibanding motor sekelasnya, RX King pun kerap disalah gunakan.

Pihak Yamaha menyabutnya “ Keunggulan teknologi yang disalah gunakan untuk tindak kejahatan”. Yang menyedihkan ketika 1992, RX King dilarang dijual di Medan, Sumatra Utara. Alasannya, para penjahat kerap menggunakan RX King untuk berbuat onar.

Namun berbagai pihak sadar, kalau RX King hanya alat. Akhirnya karena permintaan banyak, pasar di Medan kembali dibuka.

RX king tidak hanya digunakan oleh masyarakat umum, untuk mengimbangi para kriminal pihak kepolisian pun menggunakan RX King. Ketika tahun 2002 digunakan polisi sebanyak 1300 unit, menyusul tahun 2003 sebanyak 3560 unit pada bulan Juni, dan terus bertambah.

Termasuk di road race tanah air. Dari pertama keluar sampai sekarang nama RX King masih harum. Pada era 80an sudah diadu melawan motor dengan mesin ber cc lebih besar. Sayang memang, disebabkan karena tuntutan batas emisi, sepertinya tahun 2009 menjadi tahun penutup untuk varian Yamaha RX King.

Tagged , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *