Fashion

Poin Penting dalam Merawat Cincin Emas Tanpa Biaya Ekstra

50. Poin Penting dalam Merawat Cincin Emas Tanpa Biaya Ekstra

Toko perhiasan emas memang menyediakan layanan perawatan terhadap perhiasan berbahan logam mulia, salah satunya cincin emas. Sebagai barang mewah dan bernilai tinggi, emas menjadi primadona setiap orang terutama kaum wanita. Namun, seiring pemakaian tampilan cincin bisa sedikit kusam yang membuat nilainya menurun.

Perawatan cincin emas melalui seorang ahli membutuhkan biaya yang cukup mahal dan waktu yang lama. Padahal emas bisa dirawat sendiri di rumah tanpa mengeluarkan biaya sama sekali. Hal ini tentu lebih hemat budget perawatan dan Anda bisa melakukannya kapan saja sesuai kebutuhan.

Cara merawat cincin emas di rumah sangat mudah dan tanpa biaya. Melalui perawatan tersebut, cincin emas Anda tetap cantik, indah dan berkilau meski sudah lama. Perawatan perhiasan juga bisa membuat nilai jualnya meningkat, karena masih tampak indah dan menarik perhatian.

50. Poin Penting dalam Merawat Cincin Emas Tanpa Biaya Ekstra

Gunakan Cairan Pembersih yang Tepat

Cara membersihkan emas tidak harus menggunakan cairan khusus, Anda bisa menggunakan campuran soda dan detergen. Campuran pembersih ini lebih ekonomis dan ampuh menghilangkan noda atau kotoran yang menempel pada cincin. Cukup campurkan kedua bahan tersebut, lalu masukan cincin kedalamnya dan bersihkan dengan kain lembut.

Selain menggunakan soda dan detergen, merawat cincin emas juga bisa menggunakan sabung cuci piring dan air. Larutkan sabun kedalam wadah berisi air, lalu rendam cincin Anda selama 5 menit. Bersihkan kotoran dengan sikat lembut secara perlahan, dan bilas dengan air bersih. Cincin emas akan bersih dan berkilau kembali tanpa menggunakan cairan mahal.

Jangan Menggunakan Air Mendidih

Sebagian orang berpikir air mendidih bisa membersihkan kotoran pada perhiasan emas. Padahal air bersuhu tinggi dalam merusak emas dan membuat logam memuai. Oleh karena itu, jangan menggunakan air panas saat membersihkan emas. Terutama jika cincin memiliki batu permata yang bisa lepas karena suhu terlalu panas.

Batu permata tidak bisa bertahan lama di suhu panas, karena bisa menyebabkan lepas, pecah dan terbelah. Untuk merawat cincin emas, bisa menggunakan air biasa atau air hangat. Lakukan pembilasan dengan air bersih secara perlahan agar permata cincin tidak terlepas. Jangan terlalu lama merendam perhiasan dalam air atau cairam pembersih.

Lepaskan Cincin Emas Saat Mandi

Meskipun emas merupakan logam murni yang tahan lama, namun jika tidak dirawat dengan baik bisa mengurangi kualitasnya. Sabun mandi, pembersih wajah maupun sampo mengandung zat kimia yang bisa membuat emas memudar. Oleh karena itu, sebaiknya lepas cincin emas Anda jika ingin mandi.

Penggunaan lotion dan bedak juga bisa menyebabkan cincin menjadi kotor. Bahan lotion yang menempel akan menumpuk dan menjadi kotoran. Jika terjadi hal demikian, Anda bisa membawa cincin ke toko perhiasan emas untuk mendapatkan perawatan yang tepat, sehingga perhiasan Anda tetap cantik.

Simpan Cincin di Tempat yang Benar

Selain perawatan yang rutin, cincin emas juga harus disimpan di tempat yang benar dan tepat. Anda bisa menyimpannya di kotak perhiasan jika tidak digunakan, lalu simpan dalam lemari. Jangan menupuk perhiasan sembarang, karena bisa saling menempel dan membuat warna emas menjadi pudar.

Jangan menyimpan cincin dengan kalung yang berantai tipis, karena bisa membuat rantai terputus. Anda juga harus merawat cincin emas dengan merapikan perhiasan Anda. Setelah perhiasan tersebut digunakan, bersihkan terlebih dahulu cincin Anda dan simpan kembali ditempat semula.

Perawatan perhiasan sangat penting untuk menjaga kualitas emas tersebut, terutama jika intensitas penggunaanya tinggi. Selain menjaga keindahan cincin, perawatan juga bisa meningkatkan nilai investasi perhiasan di kemudian hari. Jika Anda tidak sempat melakukan perawatan, Anda bisa membawa cincin ke toko perhiasan emas untuk membersihkannya.

Tagged , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *