Kesehatan

Pahami Aturan Minum Pil KB sewaktu Anda Lupa Meminumnya!

Pahami Aturan Minum Pil KB sewaktu Anda Lupa Meminumnya!

Satu diantara yang sering kali dipermasalahkan saat seorang pilih memakai kontrasepsi pil KB yaitu ketentuan minum pil KB yang mengharusnya Anda mengkonsumsinya kurun waktu yang sama sehari-hari dalam periode waktu yang telah ditetapkan baca juga

Sepintas kelihatannya ini bukanlah problem, hingga satu saat Anda lupa minum pil KB pas saat. Apa yang perlu dikerjakan? Bagaimana semestinya untuk tetaplah menjaga siklus kesuburan serta siklus hormonal Anda tetaplah jalan sesuai sama kurun saat yang diinginkan?

Jadi catatan perlu, sekali Anda lupa minum pil KB, Anda sesungguhnya tengah buka kesempatan untuk ovarium untuk hasilkan telur yang dapat dibuahi. Jadi pada intinya, bahaya paling besar dari kelupaan minum pil KB yaitu apabila sesudahnya Anda lakukan hubungan seksual di mana telur bisa dibuahi oleh sperma. (WebMD)

Disebutkan juga, kalau pil KB cuma juga akan bekerja efisien dengan hasil paling baik bila dikonsumsi dengan teratur dengan interval atau jarak minum yang sama pada satu pil ke pil selanjutnya. Problem kehamilan karena kelalaian dalam konsumsi pil dapat berlangsung sekitaran 1 -2 persen dalam satu tahun. (Drugs. com)

Bila Anda Lupa Minum Pil KB

Pada intinya resiko kegagalan KB akibatnya karena ketidakteraturan Anda dalam minum pil KB tergantung pada jumlah pil yang Anda lupa minum serta kapan Anda lupa minum.

Pada umumnya saat Anda lupa minum pil KB sampai lebih dari 7 hari, jadi badan Anda kembali ke keadaan awal mulanya. Pil KB bekerja dengan menghindar ovarium melepas telur menuju rahim. Serta dengan kembalinya system pada reproduksi, jadi telur yang terlebih dulu tertahan juga akan terlepas serta menjangkau rahim seperti harusnya. Berikut yang lalu mengakibatkan wanita yang lupa meminum teratur pil KB mereka dalam kurun saat lebih dari 7 hari juga akan mudah hamil.

Cuma saja, saat Anda lupa minum pil KB di beberapa saat spesifik, jadi mungkin Anda hamil walau cuma lupa 1x jadwal minum. Menurut Drugs. com, resiko teratas tejadi saat Anda lupa konsumsi pil di minggu pertama atau minggu ke-3 dari saat minum Anda atau saat bebas menstruasi.

Mereka yang konsumsi type pil KB yang cuma dikonsumsi dalam periode waktu 21 hari namun mempunyai masa menstruasi lebih panjang dari 7 hari juga umumnya mempunyai resiko tinggi alami kegagalan KB.

Yang Mesti Dikerjakan Saat Lupa Minum Pil KB

Pada intinya, setiap type pil KB mempunyai cara berlainan yang butuh diaplikasikan bila Anda kelupaan meminum pil KB sesuai sama jadwal. Namun pada umumnya, sebagian ketetapan itu yaitu seperti berikut :

Type pil KB gabungan hormonal

Umumnya type pil KB seperti ini dikonsumsi dalam periode waktu 21 atau 28 hari. Spesial untuk yang 28 hari, Anda juga akan diberi 2 type pil yang terbagi dalam pil untuk periode bebas menstruasi serta periode menstruasi.

Saat Anda lupa minum pil KB kurun waktu 24 jam, cepatlah minum pil demikian ingat. Terkadang ini bermakna Anda mesti konsumsi 2 buah pil dalam tempo berdekatan. Ini juga akan kurangi peluang kegagalan KB.

Namun bila Anda lupa minum lebih dari 2 hari berturut-turut, baiknya teruskan minum pil namun dengan catatan untuk memakai pengaman tiap-tiap lakukan hubungan sex sepanjang paling tidak 7 hari ke depan.

Pada keadaan ini, Anda mesti konsumsi 2 pil sekalian demikian ingat. Serta janganlah lupa untuk menggunakan pil yang tersisa sesuai sama jadwal. Apabila lupa minum pil KB sepanjang lebih dari 4 hari, mungkin saja Anda butuh konsultasi dengan dokter mengingat ada peluang Anda butuh lakukan penyesuaian dengan jadwal minum pil KB.

Pil KB dengan hormon progestin

Pil type ini mempunyai ketentuan minum yang begitu ketat. Anda begitu diwajibkan untuk konsumsi pil ini kurun waktu yang sama sehari-hari dengan toleransi keterlambatan cuma 3 jam. Resiko kehamilan dapat jadi begitu tinggi saat Anda lupa minum pil KB lebih dari 3 hari.

Apabila type pil seperti ini sebagai pilihan Anda, yakinkan untuk tidaklah sampai alami keterlambatan. Bilapun Anda alami keterlambatan, selekasnya minum demikian ingat serta bekasnya minum sesuai sama jadwal. Yakinkan tidak terkait intim dalam periode 48 jam sesudahnya, hingga keadaan kembali normal.

Pil KB dengan system periode tambahan

Type pil KB ini memanglah tidak banyak dipakai di Indonesia. Rumitnya ketentuan minum pil KB mengakibatkan beberapa orang malas mengonsumsinyai. Dalam satu paket ada 84 pil aktif serta 7 pil non aktif. Serta Anda cuma juga akan memperoleh jadwal menstruasi 4 kali dalam satu tahun.

Pada intinya dengan type pil KB seperti ini, ketentuan penyesuaian saat Anda lupa konsumsi pil sama dengan type pil beda. Anda masih tetap dapat menyusulkan pil KB yang lupa diminum selekasnya demikian ingat.

Apabila Anda lewatkan saat minum pil sampai lebih dari 24 jam, jadi diwajibkan konsumsi 2 pil sekalian di satu saat. Ulangilah untuk konsumsi 2 pil KB di hari selanjutnya untuk kembalikan siklus Anda.

Apabila Anda lupa minuml pil KB lebih dari 4 hari, dianjurkan untuk konsumsi sisa pil yang ada tanpa ada butuh tutup beberapa saat yang lupa. Terkadang Anda juga akan alami masa menstruasi enteng pada saat itu, serta dianjurkan untuk memakai pengaman waktu lakukan hubungan seksual.

Pil KB yang type full siklus

Sebagian type pil dikonsumsi tanpa ada jeda saat serta masa interval periode. Tak ada system yang berikan ruangan untuk alami perubahan hormonal serta umumnya ini juga akan menyebabkan badan Anda juga kehilangan periode menstruasi.

Pil ini dikonsumsi tanpa ada henti atau selama saat tanpa ada jeda. Tetaplah dengan dibarengi jadwal yang tetaplah seperti type pil beda. Apabila Anda lupa minum pil KB, tata ketentuannya sesungguhnya sama saja dengan type pil beda.

Cuma, apabila Anda lupa minum pil sampai lebih dari 2 buah, Anda disuruh konsumsi 2 pil sekalian dalam 2 hari berturut-turut.

Pada intinya, saat Anda terlambat atau lupa dengan jadwal pil Anda, terlebih apabila lupa minum pil KB lebih dari 2 – 3 hari, Anda dianjurkan tidak untuk lakukan hubungan seksual atau mengerjakannya cuma dengan pengaman.

Namun apabila Anda mengerti kalau Anda terus-terusan lupa serta tidak teratur konsumsi pil KB, mungkin saja semakin lebih baik Anda ganti alat kontrasepsi. Pilihan pil KB juga akan susah bekerja efisien apabila Anda tidak dapat meyakinkan untuk mengkonsumsinya sesuai sama ketentuan minum pil KB yang terjadwal.

Apabila Siklus Haid Kurang atau Lebih dari 28 Hari

Satu diantara pertanyaan classic yang sering keluar saat seorang mengonsumi pil KB yaitu saat mereka mengerti kalau siklus haid mereka tidak menjangkau 28 hari. Sesaat pil KB di buat dengan standard periode menstruasi sepanjang 28 hari. Bagaimana ketentuan minum pil KB untuk sesuai dengan keadaan ini?

Pada intinya menurut NHS Choices, siklus haid ini jalan normal sepanjang ada dalam interval 21 – 35 hari. Jadi angka 28 sesungguhnya cuma angka rata-rata. Serta bilapun Anda mempunyai siklus haid yang lebih pendek atau lebih panjang, sepanjang tidak lebih pendek dari 21 hari serta tidak lebih panjang dari 35 hari, jadi masih tetap dinyatakan normal.

Untuk Anda dengan siklus lebih pendek atau lebih panjang dari 28 hari, dianjurkan untuk memastikan hari pertama haid Anda. Lalu mengkalkulasi 7 hari dari hari pertama, karna di hari ke-8 Anda telah diwajibkan untuk konsumsi pil.

Teruskan alur mengkonsumsi ini sepanjang 21 hari sesuai sama ketentuan minum pil KB. Hingga lalu berjumpa dengan 7 hari selanjutnya. Pada fase ini, sebagian paket pil KB membebaskan Anda dari keharusan konsumsi pil, sedang sebagian type paket pil beda mengharuskan Anda konsumsi type pil non aktif.

Sepanjang masa penyesuaian, mungkin saja sekian kali Anda juga akan alami problem spotting atau perdarahan kecil, atau menstruasi sebelumnya saat 21 hari selesai. Ini masih tetap digolongkan lumrah serta Anda disarankan meneruskan minum pil KB hingga habis.

Umumnya juga akan dibutuhkan saat sampai 3 – 6 bln. untuk system reproduksi serta hormonal Anda hingga seutuhnya menyesuaikan pada system siklus rekaan dari pil yang tengah dikonsumsi ini. Yakinkan tidak untuk alami keterlambatan atau lupa konsumsi pil KB pada saat penyesuaian ini.

Makin disiplin Anda dalam ikuti ketentuan minum pil KB, jadi juga akan makin baik system reproduksi badan dalam lakukan penyesuaian. Jauhi alur mengkonsumsi pil KB yg tidak teratur, karna juga akan menyebabkan siklus menstruasi yg tidak teratur dan riskan kegagalan KB.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *