Uncategorized

Menghindari Pembelian Komputer Ilegal

Di era Globalisasi saat ini, banyak orang yang aktifitasnya sudah ketergantungan dengan Teknologi Digital ataupun Teknologi Informasi. Dengan Perkembangan Teknologi yang semakin canggih tersebut sangat memudahkan kita dalam berkomunikasi ataupun dalam menyelesaikan tugas kerja ataupun tugas kampus. untuk informasi mengenai Berita Gadget Terlengkap kamu bisa baca penjelasannya hanya di teknohits.com yang membahas menganai Perkembangan Teknologi dan Handphone Terbaru.

Menghindari Pembelian Komputer Ilegal

Sebagian besar dari kita membeli komputer bekas karena alasan utama mereka dapat dibeli dengan jumlah yang sangat rendah. Saat melakukannya, ada risiko tinggi untuk membeli komputer curian, yang dapat dianggap sebagai komputer bekas. Kejadian membeli komputer curian lebih ketika mereka mendapat nama komputer bekas dari dealer komputer pihak ketiga seperti dealer komputer online atau dari toko pencurian atau dari pegadaian yang tidak tahu tentang sejarah komputer dia penjualan.

Langkah-langkah berikut dapat diambil untuk menghindari membeli komputer curian:

Salah satu langkah aman saat membeli komputer bekas adalah membeli melalui kartu kredit atau memeriksa pembayaran daripada melakukan pembelian tunai. Jika penjual bersikeras pembayaran tunai, pembeli bisa sangat yakin bahwa komputer itu mungkin dicuri. Komputer yang dicuri juga dijual dengan harga yang sangat rendah. Jika pembeli memiliki pengetahuan yang baik tentang tren harga komputer di pasar, ia pasti dapat mengetahui apakah komputer yang dijual sebagai komputer bekas adalah jenis asli atau tidak.

Tempat membeli komputer bekas sangat penting karena dealer atau penjual yang terkenal akan memiliki lokasi yang mapan. Mereka tidak berjualan di jalanan. Oleh karena itu, lebih baik untuk menghindari membeli komputer bekas dari toko-toko pinggir jalan, yang mungkin terbang oleh toko-toko malam. Penjual tersebut menarik pembeli dengan harga atau diskon besar atau bahkan gratis bersama dengan komputer. Jika pembeli tidak yakin tentang komputer, ia dapat meminta dokumen yang berkaitan dengan komputer atau dapat mengetahui apakah tanda terima dikeluarkan untuk pembelian tersebut. Metode terbaik untuk mencari tahu adalah dengan memeriksa nomor seri komputer yang digunakan yang dapat dilakukan dengan bantuan personel penegak hukum setempat.

Pembeli memiliki semua hak untuk bertanya kepada penjual tentang alasan penjualan komputer bekas, tempat komputer itu dibeli, dan sifat pembayaran yang dilakukan pada awalnya. Jika pembeli puas, ia dapat melanjutkan pembelian, jika tidak maka harus pindah ke penjual berikutnya. Biasanya, orang bisa mengetahui apakah penjual itu asli atau tidak melalui bahasa tubuhnya.
Seseorang yang menjual barang ilegal akan menunjukkan pergerakan yang hiruk pikuk, akan setuju bahkan untuk harga terendah dengan sedikit keuntungan baginya, kebanyakan tidak akan memiliki bahasa yang baik, akan mencoba menjual dengan tergesa-gesa, akan selalu mencari-cari untuk menemukan keluar jika seseorang mengawasinya dan tidak akan melakukan kontak mata saat berjualan dan sebagainya.

Penjualan ilegal komputer bekas semacam itu terjadi karena penjual ilegal memiliki fasilitas untuk beriklan tanpa biaya. Juga menyamar sebagai penjual pribadi tidak perlu memberikan tanda terima PPN, yang membuatnya bebas dari segala tindakan hukum yang diambil terhadapnya. Oleh karena itu tidak disarankan untuk membeli komputer bekas tanpa tanda terima tunai yang diberikan oleh penjual.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *