Otomotif, Teknologi

Mengenal Berbagai Macam Vertical Storage System Machine

Mengenal Berbagai Macam Vertical Storage System Machine

Perkembangan teknologi memberikan pengaruh yang sangat besar dalam dunia industri. Terlebih dengan adanya efisiensi dan efektifitas dalam memproduksi berbagai produk untuk menjawab kebutuhan masyarakat saat ini. Disebutkan bahwasannya peran vertical storage system machine sangatlah penting untuk mendukung proses produksi barang mengingat keuntungan yang ditawarkan. 

Menyikapi hal tersebut, sudah sepatutnya beberapa perusahaan besar mencoba untuk mempertimbangkan peran perangkat teknologi tersebut. 

Apa itu vertical storage system? Pentingkah ini untuk sebuah perusahaan?

Penggunaan vertical storage system machine lebih sering digunakan pada bagian penyimpanan yang memiliki area tidak terlalu luas. Peran vertical storage system ini nantinya akan menghemat ketersediaan ruang karena proses penyimpanan tersebut dilakukan secara vertical. Implementasi teknologi semacam ini nantinya juga akan menghemat biaya operasional industri sekaligus juga mampu menciptakan ruang penyimpanan terasa jauh lebih lapang dari sebelumnya.

Sekilas mengenai vertical storage system machine disebutkan bahwa mesin ini dioperasikan dengan sangat mudah melalui penekanan pada tombol tertentu yang telah didesain sedemikian rupa. Selain itu, beberapa mesin juga memanfaatkan penggunaan barcode yang akan melakukan proses scan sehingga semua proses penyimpanan akan bisa berlangsung sangat efektif dan efisien. Bahkan, beberapa penggunaan mesin ini dikabarkan juga membantu dalam mengurangi peran SDM di industri tersebut.

Namun demikian, perlu diketahui bahwa melakukan investasi sistem yang canggih dalam sebuah industri juga perlu dipertimbangkan mengenai keuntungan yang didapatkan. Jika investasi tersebut ternyata membebani keuangan sebuah industri, maka pengaplikasian berbagai sistem penyimpanan yang canggih tersebut sangat tidak disarankan untuk dilakukan. 

Jadi, semua harus melalui suatu pertimbangan yang matang.

Beberapa Macam Vertical Storage System Machine 

Mengingat peran dari vertical storage system machine yang sangat penting, kini saatnya anda mencoba untuk mengetahui berbagai macam dari sistem penyimpanan tersebut. disebutkan bahwa ada banyak sekali macam vertical storage yang sampai saat ini telah banyak digunakan oleh industri. Masing-masing sistem tersebut memiliki ciri tersendiri untuk diketahui lebih lanjut.

Sebagai gambaran umum, berikut beberapa macam vertical storage system machine yang perlu diketahui.

1. Vertical carousels

Salah satu dari jenis vertical storage system machine adalah vertical carousels yang merupakan sistem terdahulu dari sebuah vertical storage. Pengaplikasian dari sistem ini lebih sering ditempatkan pada ruang yang tidak terlalu luas. Dengan kata lain, vertical carrousel itu sendiri merupakan sebuah rak yang berputar sehingga akan memberikan akses yang mudah bagi operator dalam melakukan penyimpanan barang.

Pemanfaatan dari vertical carousels yang merupakan bagian dari vertical storage system machine dalam proses penyimpanan sebuah barang memberikan keuntungan yang sangat besar. 

Beberapa keuntungan tersebut diantaranya adalah mampu meningkatkan adanya produktivitas sistem 2.5 kali lebih efisien dibandingkan sistem penyimpanan biasa, mampu meminimalisir adanya resiko cedera pada saat melakukan proses pengambilan barang di ruang penyimpanan, proses pengorganisiran barang juga lebih aman serta mampu meningkatkan tingkat keamanan karena sistem dilengkapi dengan user interface yang terlindung oleh password.

2. Vertical lift modules

Untuk jenis vertical storage system machine selanjutnya adalah vertical lift modules yang dikembangkan dengan 2 tingkatan. Pemanfaatan dari sistem ini nantinya akan membantu dalam meningkatkan ergonomic hingga produktivitas dalam proses penyimpanan. 

Pemanfaatan mesin ini nantinya bisa dilakukan dengan memanfaatkan tombol yang tersedia sehingga barang yang diinginkan secara otomatis bisa ditemukan oleh pihak operator dengan cepat dengan tingkat akurasi mencapai 99.9%.

Pemanfaatan vertical storage system machine yang dalam hal ini merupakan vertical lift modules disebutkan mampu menghemat ruang hingga mencapai 85% jika dibandingkan dengan penyimpanan standard. Semua sistem di dalamnya didesain dengan memanfaatkan teknologi masa kini sehingga mampu mendukung kinerja proses penyimpanan yang cepat. Jadi, sistem penyimpanan ini sangat direkomendasikan untuk diimplementasikan pada sebuah industri.

Lantas, Manakah yang Harus Dipilih?

Diberikan dua pilihan vertical storage system machine, tidak sedikit industri yang bingung untuk memilih salah satu diantara keduanya. Namun demikian, secara umum kedua sistem tersebut bisa diimplementasikan untuk beberapa kondisi tertentu dengan memperhatikan faktor penunjang di dalamnya. Pemahaman atas perbedaan konstruksi, penanganan sebuah produk hingga operasional menjadi hal penting yang wajib diperhatikan. 

Tanpa mengesampingkan peran vertical storage system machine di dalamnya, untuk diketahui bahwasannya vertical carousel akan bekerja dengan baik untuk kondisi langit-langit yang tingginya di bawah 25 feet. Selain itu, perangkat ini akan sangat efektif saat digunakan untuk menyimpan beberapa barang yang memiliki kesamaan sifat serta produk. Dengan kondisi tersebut, maka perangkat ini sangat mungkin untuk dicoba.

Selanjutnya, untuk vertical lift modules yang merupakan bagian dari vertical storage system machine ini akan bekerja maksimal untuk sebuah ruangan dengan ketinggian langit-langit mencapai 100 feet. Perangkat ini dikabarkan mampu untuk menyimpan berbagai barang dengan ukuran dan berat yang beragam. 

Bahkan, untuk barang-barang yang cukup berat dan sering kali dipindahkan bisa disimpan pada sistem ini untuk mempermudah pengambilan. Dengan adanya gambaran umum semacam ini setidaknya membantu dalam menentukan pilihan terbaik untuk mengimplementasikan satu diantara keduanya.

Itulah beberapa sistem penyimpanan yang kerap kali digunakan dalam sebuah industri. Keberadaan vertical storage system machine sangat membantu dalam meningkatkan ergonomic hingga efektivitas penyimpanan yang nantinya akan memudahkan seseorang dalam mendapatkan barang yang diinginkan. 

Jika dibandingkan dengan sistem penyimpanan masa lampau, kedua teknologi canggih masa kini tersebut di atas terbilang sangat direkomendasikan untuk diimplementasikan. Dengan cara ini, maka kinerja sebuah industri akan semakin lancar dan mampu mendatangkan keuntungan besar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *