Kecantikan

Inilah Cara Merawat Anting Berlian dan Membersihkannya dengan Benar

Inilah Cara Merawat Anting Berlian dan Membersihkannya dengan Benar

 

Saat berkunjung ke toko perhiasan, pasti yang paling diserbu oleh semua orang adalah anting berlian. Karena anting berlian ini bisa digunakan siapa saja tanpa terbatas usia dan gender. Sehingga hal ini membuat siapapun boleh menggunakannya sebagai hiasan pada daun telinganya.

Maka dari itu, bila Anda memiliki anting berlian, sebaiknya jagalah dengan baik supaya tetap awet dan bersinar. Umumnya beberapa orang hanya menggunakan anting berlian pada acara tertentu saja. Namun ada pula yang memakainya sehari-hari hingga tidak pernah dilepas, termasuk ketika sedang tidur. 

Padahal harga anting berlian di toko perhiasan itu sangat mahal. Sehingga butuh perawatan khusus untuk membuatnya tetap bersinar dan awet. Meskipun sayangnya tidak dapat dipungkiri bila tidak semua pemilik tahu cara merawat antingnya dengan benar. 

Maka di bawah ini akan dijelaskan cara merawat dan membersihkan anting berlian dengan benar supaya awet bersinar. Terlebih anting berlian ternyata mudah kusam dan kotor bila sering digunakan karena letaknya searah dengan aliran keringat. Jadi rawat dengan baik supaya tetap cantik.

Cara Merawat Anting Berlian

Dibandingkan jenis perhiasan yang lain, anting tentunya lebih sering menyerap minyak dan keringat dari kulit kepala sehingga membuatnya mudah kotor bila tidak dijaga dengan benar. Maka dari itu sebaiknya gunakan cara di bawah ini untuk membuat anting berlian tetap terawat:

  1. Bila anting berlian Anda lebih dari satu, sebaiknya tempat penyimpanannya jangan dijadikan satu. Namun pisahkan setiap anting berlian memakai box khusus perhiasan supaya tidak ada gesekan. Cara ini efektif membuat anting berlian tetap terawat meskipun sudah bertahun-tahun lamanya.
  2. Usahakan untuk selalu melepas anting berlian ketika akan melakukan kegiatan berat seperti olahraga, mandi, memasak, dan make up. Cara ini harus dilakukan supaya anting berlian terhindar dari bahan kimia seperti hair spray, sabun, body lotion, make up, dan parfum supaya tidak meninggalkan residu.
  3. Selain hal itu, cara merawat anting berlian lainnya adalah dengan rajin membersihkannya. Sehingga kualitas anting berlian tersebut tetap terjaga. Namun sebelum itu sebaiknya jangan asal saat membersihkannya. Ada cara khusus untuk membuat kilauan anting berlian tetap indah dan terpancar dengan sempurna.

Cara Membersihkan Anting Berlian

Setelah memahami bagaimana cara merawat anting berlian, langkah selanjutnya adalah harus mengetahui tips membersihkannya dengan benar. Sehingga anting berlian Anda akan tetap indah meskipun dipakai setiap hari. Di bawah ini adalah cara membersihkan anting berlian dengan benar di rumah, antara lain:

  1. Gunakan larutan pembersih khusus untuk anting berlian untuk membersihkannya. Selanjutnya, tuangkan sedikit larutan tersebut ke dalam wadah melengkung untuk penahannya supaya tidak tumpah. Kemudian, rendam anting berlian semalaman, lalu bilas memakai air hangat dan keringkan.
  2. Untuk membersihkan anting berlian sebaiknya gunakan kain dan sikat khusus. Karena bila alat yang digunakan kasar, itu akan merusak keawetan anting berlian. Sehingga kualitasnya menjadi turun dan cepat rusak. Jika Anda ingin memakai sikat khusus, cari yang ujungnya lembut.
  3. Selain memakai tips di atas,  sekaligus membersihkannya adalah dengan merendamnya ke dalam air soda hingga semalaman. Caranya rendam anting berlian ke dalam gelas berisi air soda. Setelah itu diamkan semalaman dan angkat, kemudian lap menggunakan kain halus.

Setelah memahami tips merawat anting berlian dengan benar, Anda harus tahu tips membersihkannya juga. Sehingga anting berlian tersebut bisa tetap terawat dan tidak berkurang nilai jualnya. Itulah sebabnya sebaiknya lakukan beberapa cara di atas setelah membeli anting berlian di toko perhiasan supaya nilainya tidak rusak.

Tagged ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *