Kecantikan

Hal Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Melaksanakan Akad Nikah

akad nikah

Prosesi akad nikah adalah prosesi paling sakral pada hubungan pria dan wanita, karena itu adalah sebuah langkah impian bagi setiap pasangan Sebelum sah menjadi suami istri menurut islam.

Akad nikah di Indonesia tidak sesimpel dan semudah di beberapa negara barat atau seperti yang kalian lihat di drama – drama televisi. Dimana kita bisa tinggal mengurus surat surat dan dokumen di catatan sipil, dan mengadakan pesta.

Di Indonesia selain mengumpulkan dokumen – dokumen, sebelum prosesi akad nikah wajib ada yang namanya saksi dan wali nikah, ini kalau nikah menurut islam. Karena tidak sah hukumnya secara islam jika menikah tidak ada saksi dan wali nikah.

Oleh karena itu jika ingin menikah namun ternyata hubungan tidak ada restu dari orang tua, wah bisa cukup sulit nanti mengurus persyaratan Menikah di KUA. Karena nanti kita harus meminta pula perwakilan, atau wali hakim, biasanya ini nanti harus melakukan sidang terlebih dahulu.

So Sebelum melakukan akad nikah ada baiknya dibicarakan baik – baik dengan keluarga kedua belah pihak tentunya.

Setelah itu penentuan mahar nikah juga layak dibicarakan berdua jangan hanya sepihak, Sang wanita boleh melakukan penawaran pertama kali, namun perlu di ingat harus disesuaikan dengan kemampuan si lelaki.

Begitu juga dengan si lelaki jangan terlalu pelit atau ngirit, ingat istrimu adalah seseorang yang akan menemanimu sampai masa tuamu bahkan sampai akhir hayatmu kelak, mahar yang akan kamu berikan cerminan seberapa besar kamu menghargai istrimu.

Hal lain yang perlu diperhatikan ketika akan melakukan akad nikah adalah tamu yang akan diundang, meskipun ini adalah sesuatu hal tidak terlalu penting menurut saya. Menghitung berapa tamu yang akan diundang juga gak kalah penting, karena akan menentukan berapa budget yang kamu keluarkan.

Mungkin itu adalah beberapa hal yang bisa saya sedikit ceritakan tentang something yang perlu diperhatikan ketika akan melakukan prosesi akad nikah. Semoga artikel ini memberikan pencerahan untuk kalian semua, terima kasih sudah membaca artikel ini, sampai jumpa lagi.

Tagged ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *