Berkebun

Fungsi Geosintetik Pada Roof Top Garden

Saat ini dunia sedang berjuang untuk mengurangi pemanasan global, berbagai hal dilakukan untuk menurunkan suhu panas yang tiap tahun terus meningkat. Di dunia otomotif sendiri saat ini telah diproduksi mobil listrik yang ramah lingkungan di dunia arstiek mulai menerapkan yang Namanya green building.

Green building ini adalah Bangunan hijau mengarah pada struktur dan pemakaian proses yang bertanggung jawab terhadap lingkungan dan hemat sumber daya sepanjang siklus hidup bangunan tersebut, mulai dari pemilihan tempat sampai desain, konstruksi, operasi, perawatan, renovasi, dan peruntuhan.

Salah satu yang saat ini banyak di aplikasikan adalah dibangunnya taman di atas atap gedung atau istilah kerennya roof top garden. Konsepnya adalah semakin banyak tanaman hidup maka akan semakin membantu mengurangi gas carbon, dikarenakan lahan yang terbatas maka dibangunlah taman di atas atap gedung.

Dalam membangun roof top garden ini tidak sekedar menaruh media tanam yang kemudian ditanam diatas landscape atap gedung, melainkan menggunakan beberapa material geosintetik yaitu geomembrane, drainage cell, dan geotextile non woven.

Baca Juga : Menangani Erosi Pantai yang terjadi di bali

Geomembrane ini digunakan sebagai lapisan pada beton atap gedung, gunanya untuk mencegah terjadinya kebocoran akibat rembesan air pada beton, tentunya larusan pembuangan air sudah disiapkan sehingga air dapat mengalir dengan lancer namun untuk mencegah kerusakan pada beton maka harus dilapisi dengan geomembrane.

Geomembrane

Setelah itu digunakan material drainage cell, material ini fungsinya untuk mengalirkan air dari atas menuju saluran drainase yang telah disiapkan, setelah itu dilapisi lagi dengan geotextile non woven baru kemudian diberikan media tanam diatasnya geotextile dan mulai ditanami tanaman.

Drainage Cell

Geotextile Non Woven

Tenaman tentunya perlu dilakukan penyiraman secara berkala, maka disinilah peranan geotextile sebagai filter agar media tanam tidak ikut terbawa air. Geotextile ini sifatnya tembus air namun sangat efektif untuk menyaring tanah agar tidak ikut terbawa oleh air.

Berikut ini adalah proses pebangunan roof top garden.

 

Baca Juga : Proses Curing Beton Menggunakan Geotextile Sebagai Pengganti Karung Goni.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *