Uncategorized

“Cara Menghitung Kuota Data yang Terpakai Saat Menonton Video YouTube”

Kadang-kadang, hasrat untuk melihat video dengan streaming di YouTube, terhalang karna ketakutan kehabisan kuota data internet. Seringkali, untuk melihat video dari YouTuber yang paling disayangi, subscriber ikhlas mengungsi ditempat yang mempunyai akses Wi-Fi, lantas mengambilnya atau menaruh video itu dengan off line untuk diliat kelak. Tapi, bagaimana sesungguhnya langkah mengkalkulasi besaran kuota internet yang tersedot waktu melihat video di YouTube dengan streaming? Pertama, perlu untuk diketahui kalau setiap setting kwalitas video YouTube mempunyai bitrate yang berlainan.

Bitrate umumnya dihitung memakai unit bit per detik, yang dinyatakan dalam beberapa ribu (Kilobit per detik, Kbps, dengan ” b ” kecil) atau juta-an (Megabit per detik, Mbps). Jika dikonversi jadi unit byte yang umum dipakai untuk ukuran file serta kuota data, jadi 1 byte sama dengan 8 bit, atau mungkin dengan kata beda 1 bit sama juga dengan 0, 125 byte.

Byte juga dinyatakan dalam beberapa ribu (Kilobyte, KB, dengan ” B ” besar), juta-an (Megabyte, MB), triliunan (Gigabyte, GB), dan sebagainya. kwalitas (resolusi) video yang diambil, jadi bitrate juga makin besar.

Automatis, kuota data yang terpakai juga juga akan bertambah juga. Menurut info yang dirangkum KomptasTekno dari Quora, Minggu (8/4/2018), perincian bitrate untuk semasing setting kwalitas video di YouTube yaitu seperti berikut.

Kwalitas Video Bitrate (Kbps) 2160p 20. 000 1440p 8. 913 1080p 3. 774 720p 3. 000 480p 1. 000 360p 721 240p 377 144p 80 Karna penghitungan kuota data memakai unit megabyte (MB), jadi setiap 1 Mbps sepadan dengan 1/8 MB, serta 1 Mbps sama juga dengan 1. 024 Kbps.

Begitu, langkah mengkalkulasi berapakah megabyte yang terpakai untuk melihat video dengan streaming di YouTube, dapat memakai rumus bitrate (dalam Kbps) x waktu melihat video dalam detik : 8 : 1. 024. Umpamanya, kita akan melihat video dengan kulitas 2160p yang mempunyai bitrate 20. 000 Kbps sepanjang 10 menit, jadi penghitungan kuota data yang dikonsumsi yaitu 20. 000 x 60 (detik) x 10 (menit) : 8 : 1024 = 1. 465 MB. Diluar itu, ada ketidaksamaan perhitungan mengkonsumsi data pada melihat lewat cara streaming serta mengambil video. Sebelumnya pemakai mengambil video, YouTube juga akan segera memberi pilihan kwalitas video yang dikehendaki komplit dengan besaran datanya dalam unit megabyte.

Termasuk juga untuk pilihan melihat video dengan off line, data yang termuat juga semakin lebih sedikit di banding melihat dengan streaming maupun mengambilnya ke piranti. Menginginkan menghemat kuota? Diluar aplikasi standard, YouTube sediakan aplikasi versus beda yang lebih ” enteng ” bernama YouTube Go. Di aplikasi ini terdapar sebagian feature untuk menghemat paket data internet, seperti menghadirkan preview atau kutipan video yang juga akan dilihat. Resmi Ada di Indonesia Operator seluler spesifik di Indonesia sediakan paket diisi kuota data spesial yang cuma juga akan digunakan saat pemakai melihat video dari YouTube, dengan penghitungan terpisah dari kuota data paling utama. Ada pula yang memberi akses nonton YouTube dengan bebrapa hanya lewat jalur VPN. Sarana jenis ini dapat digunakan untuk menghemat kuota data paling utama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *