Bisnis

Cara memilih kawat gondola yang bermutu

Debu-debu berterbangan di mana-mana dan lama kelamaan membuat kotor sehingga harus dibersihkan, tidak terkecuali di kaca bagian luar gedung. Para pekerja bernyali tinggi mempertaruhkan keselamatannya untuk membersihkan kaca bagian luar gedung pencakar langit. Dalam melakukan tugasnya, mereka bergantung pada sebuah mesin gondola yang membawa mereka bergerak ke permukaan luar gedung. Salah satu komponen terpenting dalam mesin ini adalah kawat seling gondola.

Kawat seling juga populer dengan sebutan wire rope, yaitu sebuah tali baja yang terbuat dari beberapa kawat baja yang dipilin menjadi sebuah strand, kemudian strand tersebut dipilin lagi hingga membentuk sebuath kawat seling utuh. Proses pilinan terjadi berulang-ulang, hal tersebut merupakan contoh redundancy dalam dunia teknik. Proses redundancy ini lah yang membuat kekuatan kawat baja meningkat dari hanya seutas kawat tipis, menjadi sebuah tali besar dan super kuat. Karena kekuatannya itulah, kawat seling cocok digunakan pada berbagai aplikasi lifting, salah satunya adalah mesin gondola.

Mesin gondola yang kita bahas di sini adalah sebuah alat yang terdiri dari platform berbentuk semacam keranjang super besar. Platform tersebut kemudian dikaitkan dengan tali kawat seling gondola di berbagai sudut dan disambungkan ke mesin penggerak sehingga platform tersebut dapat bergerak naik turun. Para pekerja pembersih kaca gedung berdiri di atas platform tersebut dan secara bertahap membersihkan kaca gedung bertingkat.

Peranan kawat seling gondola bisa dibilang sangat krusial, sebab keselamatan para pekerja dipertaruhkan pada tali kawat seling tersebut. Apabila kawat seling gondola rusak, akan dapat berakibat fatal baik bagi pekerja, maupun bagi gedung yang bersangkutan.

Karena peranan kawat seling gondola sangat penting, maka pastikan Anda membelinya dari distributor yang dapat dipercaya, jangan gampang tertipu dengan harga murah. Setelah menggunakannya, lakukanlah pengecekan secara rutin. Apabila ada yang rusak, segera panggil teknisi untuk dilakukan perbaikan, atau penggantian kawat seling yang baru. Juga rawatlah kawat seling agar kawat seling kuat dan tahan lama.

Tagged ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *