5 Komponen Kebugaran Jasmani

By | February 10, 2022

Kebugaran fisik adalah kemampuan untuk berfungsi secara efektif sepanjang hari kerja Anda, melakukan aktivitas lain seperti biasa dan masih memiliki cukup energi yang tersisa untuk menangani tekanan tambahan atau keadaan darurat yang mungkin timbul. Sebelum lanjut bahas 5 Komponen Kebugaran Jasmani, bila anda ingin melakukan pesanan jasa aqiqah depok untuk acara aqiqah anak anda, sebaiknya cek harga paket aqiqah bekasi 2022 sebagai perbandingan.

Komponen kesegaran jasmani adalah :

* Daya tahan kardiorespirasi (CR) – efisiensi di mana tubuh memberikan oksigen dan nutrisi yang dibutuhkan untuk aktivitas otot dan mengangkut produk limbah dari sel.

* Kekuatan otot – jumlah kekuatan terbesar yang dapat diberikan otot atau kelompok otot dalam satu upaya.

* Daya tahan otot – kemampuan otot atau kelompok otot untuk melakukan gerakan berulang dengan kekuatan sub-maksimal untuk waktu yang lama.

* Fleksibilitas – kemampuan untuk menggerakkan persendian atau kelompok persendian melalui rentang gerak yang normal dan menyeluruh.

* Komposisi tubuh – persentase lemak tubuh yang dimiliki seseorang dibandingkan dengan total massa tubuhnya.

Meningkatkan tiga komponen kebugaran pertama yang tercantum di atas akan berdampak positif pada komposisi tubuh dan akan menghasilkan lebih sedikit lemak. Lemak tubuh yang berlebihan mengurangi komponen kebugaran lainnya, mengurangi kinerja, mengurangi penampilan, dan berdampak negatif pada kesehatan Anda.

Faktor-faktor seperti kecepatan, kelincahan, kekuatan otot, koordinasi mata-tangan, dan koordinasi mata-kaki diklasifikasikan sebagai komponen kebugaran “motorik”. Faktor-faktor ini paling mempengaruhi kemampuan atletik Anda. Pelatihan yang tepat dapat meningkatkan faktor-faktor ini dalam batas-batas potensi Anda. Program penurunan berat badan dan kebugaran yang masuk akal berusaha untuk meningkatkan atau mempertahankan semua komponen kebugaran fisik dan motorik melalui pelatihan fisik yang sehat, progresif, dan spesifik misi.

Prinsip Latihan

Kepatuhan pada prinsip-prinsip latihan dasar tertentu penting untuk mengembangkan program yang efektif. Prinsip latihan yang sama berlaku untuk semua orang di semua tingkat latihan fisik, mulai dari atlet berkaliber Olimpiade hingga pelari akhir pekan.

Prinsip-prinsip dasar latihan ini harus diikuti.

Keteraturan

Untuk mencapai efek pelatihan, Anda harus sering berolahraga. Anda harus melatih masing-masing dari empat komponen kebugaran pertama setidaknya tiga kali seminggu. Olahraga yang jarang dapat lebih berbahaya daripada baik. Keteraturan juga penting dalam istirahat, tidur, dan mengikuti diet yang masuk akal.

Kemajuan

Intensitas (seberapa keras) dan/atau durasi (berapa lama) latihan harus ditingkatkan secara bertahap untuk meningkatkan tingkat kebugaran.

Keseimbangan

Agar efektif, sebuah program harus mencakup kegiatan yang membahas semua komponen kebugaran, karena terlalu menekankan salah satu dari mereka dapat merugikan yang lain.

Variasi

Menyediakan berbagai kegiatan mengurangi kebosanan dan meningkatkan motivasi dan kemajuan.

Kekhususan

Pelatihan harus diarahkan pada tujuan tertentu. Misalnya, orang menjadi pelari yang lebih baik jika pelatihan mereka menekankan pada lari. Meskipun berenang adalah olahraga yang bagus, itu tidak meningkatkan waktu lari 2 mil seperti halnya program lari.

Pemulihan

Hari latihan yang berat untuk komponen kebugaran tertentu harus diikuti dengan hari latihan yang lebih mudah atau hari istirahat untuk komponen dan/atau kelompok otot tersebut untuk membantu pemulihan. Cara lain untuk memungkinkan pemulihan adalah dengan mengganti kelompok otot yang dilakukan setiap hari, terutama saat melatih kekuatan dan/atau daya tahan otot.

Kelebihan muatan

Beban kerja setiap sesi latihan harus melebihi tuntutan normal yang ditempatkan pada tubuh untuk menghasilkan efek latihan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *