Bisnis

Tujuan Training Ekspor Impor untuk Perusahaan

Tujuan training ekspor impor untuk perusahaan akan memberikan pemahaman yang lebih mendalam mengenai perpajakan sehingga tidak akan muncul berbagai masalah yang mengganggu kinerja perusahaan. Perusahaan yang bekerja dalam bidang ekpor impor maka kita harus memiliki pengetahuan mengenai pajak yang benar.

Tujuan Training Ekspor Impor untuk Perusahaan

Tujuan training ekspor impor untuk perusahaan

Perkembangan zaman membuat jalur ekspor impor semakin meningkat sehingga kita harus mengikuti perkembangan tersebut agar tidak terkena masalah-masalah perpajakan. Pelatihan secara praktis dirasa sangat dibutukan untuk memudahkan kinerja perusahaan dalam mengurus perpajakannya. Pengetahuan ini sangat dibutuhkan oleh perusahaan yang akan mengekspor ataupun mendatangkan suatu produk dari luar negeri. Diharapkan dengan pengetahuan ini maka perusahaan dapat memulai dan mengelola bisnis ekspor impor secara baik dan benar.

Lantas, apa saja tujuan dan manfaat yang akan ita dapatkan dari pelatihan prosedur ekspor-impor ini?

  1. Dapat menjelaskan secara kuantitatif mengenai hasil perhitungan ekspor impor dalam kehidupan sehari-hari di lingkup perusahaan.
  2. Memperoleh gambaran secara nyata mengenai ruang lingkup perdagangan internasional dengan berhubungan dengan kegiatan ekspor impor.
  3. Mendapatkan pemahaman yang jelas mengenai pentingnya kegiatan operasi perusahaan dalam aktivitas ekspor impor untuk meningkatkan efisiensi perusahaan.
  4. Meningkatkan ketrampilan dan pengetahuan dalam pemecahan berbagai masalah yang berkaitan dengan bidang ekspor impor serta perdagangan bebas dunia.
  5. Meningkatkan pemahama mengeai kebijaksanaan Pemerintah dalam hal ekspor impor serta perdagangan bebas dunia.

Untuk bisa mendapatkan banyaknya tujuan eskpor impor di atas, maka Anda harus memahami berbagai materi yang diperlukan. Berikut ini adalah beberapa materi pelatihan ekspor impor:

  1. Kebijakan dibidang ekspor
  2. Kepabeanan ekspor impor
  3. Kebijakan dibidang impor
  4. Gambaran mengenai kegiatan ekspor impor
  5. Kepabeanan ekpor impor
  6. Transportasi dan penanganan kargo
  7. Pembayaran ekspor impor
  8. Kalkulasi harga ekspor
  9. Pengisian dokumen ekspor
  10. Kalkulasi harga impor
  11. Incoterms
  12. Pengisian dokumentasi impor

Banyaknya materi yang disampaikan maka pembicara harus pintar-pintar menggunakan metode belajar atau penyampaian yang tepat agar semua materi bisa dipahami dengan oleh para peserta. Selain pemilihan metode pembalajaran, karakteristik pengajar juga ikut mendukung tersampaikannya materi yang penting ini.

Berikut adalah beberapa metode pelatihan yang sering digunakan dalam training ini:

  1. Pembicara memaparkan materi dengan memanfaatkan media Auditory, Visual, dan Kinestethic para peserta.
  2. Pembicara memaparkan materi dengan model yang sudah disesuaikan dengan tujuan pelatihan.
  3. Pembicara menyampaikan materi untuk membuat persepsi baru yang bisa mengubah mindset dan pemahaman para peserta yang hadir.
  4. Pembicara menyampaikan materi menggunakan metode pengalaman sehingga para peserta bisa memahami materi dalam dunia nyata di perusahaan.
  5. Pembicara menyampaikan materi dengan pendekatan emosional dan spiritual.

Teknik atau pendekatan dalam pelatihan bisa disesuaikan sendiri dengan kebutuhan, dengan melihat materi yang akan disampaikan, karakteristik peserta, ruangan dan lain sebagainya. Beberapa teknik yang sering digunakan antara lain studi kasus, games, simulasi, role-play, assignment, group discussion dan lain sebagainya. Anda bisa memilih salah satunya ataupun mengombinasikan beberapa teknik jika dirasa perlu.

Materi training ekspor impor ini akan lebih tepat jika diberikan pada pengusaha yang masuk pasar ekspor impor, manajer atau staf perusahaan pengangkutan, perbankan, perdagangan, atau perusahaan yang berkaitan dengan ekspor serta di bagian pengadaan atau pembelian barang. Selain dari kategori tersebut sebenarnya boleh hadir tapi pemahaman mereka harus setara terlebih dahulu dengan posisi-posisi dalam perusahaan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *