Kesehatan

Perkembangan dalam Trimester Kehamilan

Perkembangan dalam Trimester Kehamilan

Pada umumnya, ibu hamil mengandung selama 9 bulan. Sedangkan jika terhitung dari berapa waktu dalam minggu, maka diperkirakan kurang lebih 40 minggu. Sepanjang 9 bulan masa kehamilan, biasanya usia kehamilan akan terbagi menjadi 3 trimester baik awal, tengah sampai dengan akhir di mana menjelang persalinan yang akan dilangsungkan. Nantinya, setiap trimester tersebut akan berlangsung antara 12 sampai dengan 14 minggu atau per 3 bulan sekali. 

Pada setiap trimesternya, tubuh ibu akan mengalami berbagai perubahan secara bertahap. Begitu pula dengan proses tumbuh kembang janin yang ada di dalam kandungan sang ibu. Maka dari itu, Anda harus paham akan berbagai perkembangan akan trimester kehamilan yang pastinya akan dirasakan ketika sedang mengandung atau hamil. 

Perkembangan Trimester Kehamilan Pertama 

 

Dari sekian perkembangan akan trimester yang akan dialami oleh ibu hamil memang akan mengalami 3 fase. Kehamilan pertama terhitung sejak minggu pertama Anda hamil sampai dengan minggu ke 13. Ada beberapa perubahan yang akan dialami bagi calon ibu yang baru memasuki usia kehamilan muda. Beberapa contohnya seperti:

  • Badan menjadi cepat lelah. 
  • Sakit perut seperti sembelit dan mules. 
  • Sering mengalami mual dan muntah-muntah. 
  • Payudara yang terasa nyeri dan bengkak. 
  • Berat badan yang kian bertambah. 
  • Mengidam maupun tidak menyukai akan makanan tertentu. 
  • Seringkali bermimpi aneh. 

Perkembangan Trimester Kehamilan Kedua 

Trimester kedua berlangsung pada akhir minggu ke 13 sampai dengan minggu ke 27. Kehamilan di trimester ini adalah momen yang terbilang cukup nyaman dari para calon ibu karena tubuh sudah berhasil menyesuaikan diri dengan perubahan besar yang terjadi selama 3 bulan sebelumnya. Beberapa perubahannya adalah:

  • Perut mulai membesar karena rahim yang mulai berkembang. 
  • Mudah merasa pusing karena tekanan darah rendah. 
  • Mulai merasakan gerakan janin yang ada di dalam perut. 
  • Badan pegal-pegal. 
  • Nafsu makan yang mulai meningkat. 
  • Badan sering terasa gatal-gatal. 
  • Ada beberapa bagian kulit yang menggelap seperti putting.

Perkembangan Trimester Kehamilan Ketiga 

Perkembangan akan trimester ketiga adalah trimester kehamilan tahap akhir yang akan dilalui oleh ibu hamil sampai pada saat mereka menjelang persalinan. Trimester ketiga atau trimester terakhir ini berlangsung di awal minggu ke 28 sampai dengan minggu ke 40 atau sampai masuk dalam persalinan. Ada banyak calon ibu yang sudah mulai merasakan kontraksi palsu, munculnya rasa cema menjelang persalinan, dan yang lainnya. 

Ada beberapa perubahan yang tentunya akan dialami oleh para calon ibu di trimester ini seperti gerakan janin di dalam perut yang semakin kencang, kemudian mengalami kontraksi palsu, lebih sering buang air kecil, merasa mulas, pergelangan kaki yang bengkak, mengalami wasir, payudara bengkak, dan sulit untuk menemukan posisi tidur yang nyaman. 

Selama menunggu proses persalinan, maka calon ibu diharuskan untuk memperkuat ikatan batin dengan sang bayi. Anda bisa mulai mengajak ngobrol sang bayi yang masih berada di dalam kandungan. Anda bisa sambil mengelus perut dengan halus. Cara ini bahkan merupakan sebuah cara untuk mengembangkan keterampilan berbahasa sang buah hati sejak dini. 

Jadi, itulah informasi yang wajib ibu hamil ketahui tentang perkembangan trimester kehamilan yang akan dialami oleh para ibu hamil. Untuk mendapat banyak informasi yang lebih jelas serta akurat, maka Anda bisa berkonsultasi secara langsung pada dokter kehamilan yang sudah Anda percayakan mulai dari awal kehamilan sampai dengan nantinya proses persalinan akan dilangsungkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *