Uncategorized

Pentingnya Menyusui untuk Bayi Anda

Mengapa menyusui itu penting? Apa kata WHO?

WHO & UNICEF merekomendasikan bahwa bayi harus disusui secara eksklusif selama 6 bulan. Setelah enam bulan, makanan dan cairan tambahan yang aman & layak harus melengkapi pemberian ASI untuk memenuhi kebutuhan gizi anak kecil hingga usia dua tahun.

Mengapa ASI adalah yang terbaik?

ASI adalah hadiah Ibu Alam untuk bayi! Ada lebih dari 200 unsur ASI yang dikenal sains.
Sekitar 80 persen sel hidup dalam ASI terbuat dari makrofag yang membunuh bakteri dan virus
ASI steril dan bebas dari polutan
ASI dalam beberapa hari pertama disebut Kolostrum. Ini disebut Emas Cair untuk bayi. Kolostrum mengandung antibodi untuk melindungi bayi baru lahir dari penyakit, serta lebih rendah lemak dan protein lebih tinggi dari susu biasa.
Siapa yang bisa menyusui?

Setiap wanita yang telah melahirkan akan memiliki kemampuan untuk menyusui. Sangat jarang melihat beberapa masalah fisik bagi ibu yang mencegahnya menyusui. Ukuran payudara tidak berpengaruh pada jumlah produksi ASI. Bahkan dengan puting susu yang terbalik, wanita akan dapat menyusui dengan bantuan. Jumlah produksi ASI akan meningkat saat bayi Anda terus menyusu. Bahkan ibu yang pernah menjalani operasi caesar, bayi sungsang dan bayi kembar juga dapat menyusui dengan nyaman dengan ASI yang cukup.klik disini

Apa manfaatnya untuk bayi?

Alam telah merancang ASI sedemikian rupa sehingga memiliki kombinasi sempurna protein, lemak, karbohidrat, dan cairan yang dibutuhkan bayi baru lahir. Komposisi ASI berubah sesuai kebutuhan bayi sehingga bayi mengumpulkan nutrisi maksimal. Tidak ada susu formula yang dapat menggantikan ASI dengan cara ini

ASI dikemas dengan antibodi yang membantu bayi melawan infeksi. Oleh karena itu bayi memiliki kemungkinan lebih kecil terkena infeksi telinga, diare & infeksi saluran pernapasan. Bayi yang disusui akan memiliki jauh lebih sedikit kunjungan ke dokter untuk penyakit.

Hormon yang dilepaskan saat menyusui akan meningkatkan ikatan antara ibu dan bayi. Ini mengarah pada pemenuhan kebutuhan emosional dan fisik bayi.

ASI juga memiliki manfaat kesehatan jangka panjang. Ini mengurangi kemungkinan obesitas di masa kecil; tekanan darah tinggi; kadar kolesterol tinggi; eksim; diabetes tipe 2; leukemia; asma di kemudian hari.
Apa manfaatnya bagi ibu?

Menyusui gratis dan mudah didapat.

Menyusui merangsang sekresi hormon bermanfaat yang disebut prolaktin dan oksitosin. Prolaktin (pro laktasi) Membantu ibu untuk rileks dan memfasilitasi ikatan pada bayi. Oksitosin menyebabkan kontraksi rahim / rahim dan mengurangi perdarahan dan anemia. Dengan demikian, menyusui membantu rahim untuk kembali ke ukuran sebelum kehamilan dan mengurangi kemungkinan risiko perdarahan pasca melahirkan dan anemia.

Menyusui menggunakan sekitar 500 kalori ekstra per hari. Jadi, lebih mudah menurunkan berat badan setelah melahirkan jika Anda menyusui.

Menyusui mengurangi risiko kanker payudara premenopause, kanker ovarium, diabetes tipe 2, Osteoporosis (berkurangnya patah tulang) dan depresi pascanatal

Ini sangat mudah dan tidak perlu repot untuk mensterilkan / merebus botol. Tidak diperlukan waktu persiapan.
Bagaimana cara memastikan ASI mencukupi?

Ambil vitamin prenatal, khususnya suplemen vitamin D dianjurkan untuk semua wanita menyusui dan untuk bayi yang disusui. Suplemen zat besi dan kalsium juga bermanfaat. Silakan berkonsultasi dengan dokter Anda.

Tingkatkan asupan protein dalam diet – termasuk Dals, Milk, dan Telur setiap hari dalam diet Anda.

Mulailah menyusui dalam satu jam pertama kelahiran. Menyusui sesuai permintaan. Ini akan membantu mengatur kadar lemak dalam susu.

Makan banyak buah segar untuk mendapatkan vitamin dan zat gizi mikro.

Pastikan asupan cairan yang cukup termasuk air dan susu. Menyusui bisa membuat Anda haus.

Apa saja langkah-langkah menyusui?

Dekatkan seluruh tubuh bayi dengan hidung setinggi puting – “hidung ke puting”. Biarkan ujung kepala bayi sedikit ke belakang agar bibir atas bayi menyentuh puting – ini membantu bayi membuka mulut lebar-lebar. Ketika mulut bayi terbuka lebar, dagu dapat menyentuh payudara dan dengan kepala ditekuk ke belakang lidah dapat menjangkau dan meraih payudara sebanyak mungkin. Setelah dagu bersentuhan dan hidung jernih dengan mulut terbuka lebar melingkari puting, bayi mulai menyusu dan pipinya tampak penuh dan bulat saat bayi menyusu. Setelah bayi disusui, pegang bayi dengan posisi tegak di atas bahu untuk ditiup (sendawa). Bayi yang disusui memiliki lebih sedikit masalah dengan bayi yang minum susu botol.

Harap perhatikan tanda-tanda berikut untuk memastikan bayi Anda menyusu dengan baik:

  • Dagu bayi menyentuh payudara dengan kuat.
  • Bayi itu memiliki mulut yang besar.
  • Pipi bayi bulat sepanjang mengisap.
  • Menyusui tidak menyakitkan bagi ibu – meskipun menyusui awal yang kuat dengan ketidaknyamanan ringan.
  • Ada mengisap dan menelan berirama, dengan jeda sesekali. Akan ada siklus sucks pendek dan juga menggambar panjang dan dalam sucks.
  • Bayi itu terlihat puas di akhir menyusu dan keluar sendiri dengan sendirinya.
  • Indikator tepercaya bayi mendapat ASI cukup

Anda akan melihat bahwa berat bayi bertambah secara memadai dan mendapatkan kembali berat lahir sebanyak 2 minggu. Cara lain untuk memantau kenaikan berat badan adalah bayi memperoleh 500gm atau lebih per bulan atau 125gm / minggu. Bayi harus mengeluarkan urin berwarna terang sekitar 6 kali atau lebih sehari dalam 4 hari jika bayi disusui secara eksklusif. Silakan pantau popok basah.

Diet saat menyusui

Sang ibu harus mencoba makan makanan yang seimbang. Makanan yang dapat digunakan secara bebas dalam diet adalah buah-buahan dan sayuran segar, sup sayuran, susu, dadih / Lassi, kecambah moong / channa, produk fermentasi seperti Idli, Dhokla, Dosa dll dan putih telur. Sertakan banyak makanan kaya zat besi dan protein dalam makanan. Makanan yang merupakan sumber zat besi dan protein yang baik untuk vegetarian termasuk Legum (Dhals), Susu, Paneer, Bayam dan sayuran berdaun hijau lainnya, Anar (Delima), Pisang dan anggur hitam. Jus jeruk dan Amla memiliki banyak vitamin C yang penting untuk penyerapan zat besi dalam tubuh. Segenggam kacang untuk mengemil adalah ide yang bagus untuk membuat makanan kaya zat besi dan protein bagi vegetarian.

Galactogogues alami

Galactogogues alami adalah makanan yang meningkatkan produksi ASI. Masakan India memiliki banyak makanan seperti yang digunakan dalam memasak sehari-hari. Beberapa contoh adalah biji Methi (Fenugreek), Bawang Putih, Saunf (biji Adas), air jeera, gandum dan Brewer’s Yeast.

Masalah umum selama menyusui

Payudara penuh dengan ketidaknyamanan dan rasa sakit – Ini mungkin terjadi 3-4 hari setelah melahirkan, payudara penuh, panas dan sulit disentuh

Penatalaksanaan – Bayi perlu melekat dengan baik dan sering disusui. Anda dapat mengeluarkan ASI jika diperlukan. Pembunuh rasa sakit sederhana seperti Paracetamol dapat membantu jika rasa sakitnya hebat.

Pembengkakan payudara – Ini terjadi pada saluran susu yang tersumbat. Payudara tampak bengkak, kulit terlihat mengkilap dan merah. Ini mungkin disertai dengan rasa sakit di payudara tetapi rasa sakit mungkin tidak separah mastitis. Anda mungkin juga merasakan demam ringan.

Penatalaksanaan – Sering-seringlah menyusui bayi, mengompres hangat atau mandi dengan air hangat. Coba pembunuh rasa sakit sederhana & aman.

Mastitis – pembengkakan yang keras pada payudara dengan kemerahan dan nyeri hebat. Dalam kondisi ini, sang ibu juga akan mengalami demam

Penatalaksanaan – istirahat, seringlah menyusui bayi, berikan kompres hangat, minum analgesik sederhana. Anda mungkin perlu diobati dengan antibiotik. Hubungi dokter Anda.

Puting yang sakit atau pecah-pecah – Nyeri saat bayi menyusu. Ini karena hisap berlebih pada puting

Penatalaksanaan – Jika Anda mengalami puting yang sakit, periksa posisi bayi. Pastikan bayi memiliki jumlah jaringan payudara, areola dan puting yang cukup di mulut. Tingkatkan kelekatan bayi. Anda dapat mencoba krim yang menenangkan.

Wanita yang bekerja & menyusui

Tersedia semua kemungkinan cuti dengan kredit Anda termasuk cuti yang tidak dibayar
Jika memungkinkan, bawa bayi Anda ke kantor, manfaatkan crèche jika tersedia
Jangan memulai feed lain sebelum Anda benar-benar perlu.
Jangan berpikir “Saya harus kembali bekerja di 12wks, jadi saya mungkin juga memberi susu botol”. Ini adalah kesalahan paling umum yang dilakukan para ibu. Bahkan jika Anda dapat menyusui dalam waktu singkat, itu memberikan manfaat yang signifikan bagi bayi. Bayi akan menerima sejumlah antibodi berharga selama waktu ini.
Lanjutkan menyusui bahkan di malam hari, dini hari, dan kapan pun Anda berada di rumah.
Nyatakan ASI sebanyak mungkin sebelum Anda kembali bekerja, ke dalam toples yang sangat bersih, bahkan 1 gelas (200ml) dapat memberi bayi 3 kali menyusui / hari masing-masing 60-70ml.
Tutupi susu dan simpan di tempat paling keren yang bisa Anda temukan di rumah atau di lemari es
ASI yang dinyatakan tetap dalam kondisi baik selama 8-10 jam bahkan dalam iklim panas dan hingga 24 jam di dalam lemari es
Beri ASI bayi Anda setelah Anda mengeluarkan ASI, sehingga bayi akan mendapatkan ASI yang tidak dapat Anda ungkapkan termasuk ASI belakang.
Jangan merebus atau memanaskan kembali ASI Anda sendiri
Sama sekali tidak perlu memberi susu botol sama sekali, bahkan bayi yang sangat kecil dapat memberi makan dari cangkir jika Anda memutuskan untuk menggunakan susu formula
Menyusui harus dimulai dalam satu jam setelah kelahiran
Menyusui harus “sesuai permintaan”, sesering yang diinginkan anak siang dan malam
Botol atau dot harus dihindari.
Dr Anuradha Kharinar memegang M.B.B.S, MRCGP (UK), DFSRH (UK).

Tagged

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *