Kesehatan

Pengertian Narkolepsi

Pengertian Narkolepsi

Narkolepsi yaitu masalah system saraf yang merubah kendali pada kesibukan tidur. Pasien narkolepsi alami rasa kantuk pada siang hari serta dapat mendadak tertidur tanpa ada mengetahui saat serta tempat toko herbal terdekat

Penyebabnya Narkolepsi
Penyebabnya narkolepsi belum juga di ketahui dengan tentu. Namun, beberapa besar pasien narkolepsi mempunyai kandungan hipokretin rendah. Hipokretin yaitu zat kimia dalam otak yang menolong mengatur saat tidur. Penyebabnya rendahnya hipokretin disangka karena system imun yang menyerang beberapa sel sehat (autoimun). Di bawah ini keadaan yang bisa menyebabkan munculnya sistem autoimun itu, sampai pada akhirnya menghadap pada narkolepsi.

Perubahan hormon, terlebih pada saat pubertas atau menopause.
Stres.
Perubahan alur tidur dengan mendadak.
Infeksi, seperti infeksi bakteri streptokokus atau infeksi flu babi.
Kelainan genetik.
Narkolepsi dapat juga dikarenakan oleh rusaknya sisi otak yang hasilkan hipokretin karena penyakit beda, seperti :

Tumor otak.
Cedera kepala.
Ensefalitis atau peradangan otak.
Multiple sclerosis.
Tanda Narkolepsi
Tanda narkolepsi bisa keluar dengan mendadak atau berkembang dengan perlahan-lahan sepanjang bertahun-tahun. Tanda yang biasanya berlangsung mencakup :

Rasa kantuk yang terlalu berlebih pada siang hari. Pasien narkolepsi senantiasa mengantuk pada siang hari, susah untuk tetaplah terbangun, serta susah berkonsentrasi.
Serangan tidur. Serangan tidur mengakibatkan pasien narkolepsi tertidur dimana saja serta setiap saat dengan mendadak. Bila narkolepsi tidak teratasi, serangan tidur dapat berjalan sepanjang sekian kali dalam satu hari.
Katapleksi atau melemahnya otot dengan mendadak yang diikuti dengan :
Tungkai merasa lemas.
Pandangan ganda.
Kepala lunglai serta rahang turun.
Bicara cadel.
Hilangnya kendali otot berbentuk sesaat serta umumnya dipicu oleh emosi spesifik, seperti terperanjat, geram, suka, atau tertawa. Pasien narkolepsi umumnya alami serangan katapleksi 1-2 kali dalam satu tahun. Katapleksi bisa berjalan sepanjang sebagian detik sampai sebagian menit.

Ketindihan atau sleep paralysis. Keadaan ini berlangsung saat pasien tidak dapat bergerak atau bicara sepanjang sesaat waktu akan terbangun atau mulai tertidur.
Halusinasi. Pasien narkolepsi kadang-kadang bisa lihat atau mendengar suatu hal yg tidak riil, terlebih waktu juga akan tidur atau bangun tidur.
Masalah ingatan. Pasien narkolepsi kadang-kadang lupa kesibukan apa yang baru dikerjakannya.
Sakit kepala.
Depresi.
Diagnosis Narkolepsi
Jadi langkah awal diagnosis, dokter juga akan mengecek kisah kesehatan pasien serta keluarga pasien. Lalu, dokter juga akan ajukan pertanyaan mengenai rutinitas tidur serta tanda yang dihadapi.

Dokter juga akan lakukan kontrol fisik, dan kontrol kelanjutan dengan memakai sebagian cara untuk mendeteksi tingkat keparahan tanda. Cara diagnosis itu mencakup :

Epworth sleepiness scale (ESS), satu quesioner yang dipakai untuk menilainya besarnya peluang pasien tertidur saat beraktivitas yang berlainan, seperti saat duduk, membaca, atau melihat tv. Peluang sesorang menanggung derita narkolepsi diliat dari score quesioner itu.
Polisomnografi. Dokter juga akan memonitor kesibukan listrik organ badan pasien seperti otak (elektroensefalografi), jantung (elektrokardiografi), otot (elektromiografi), serta mata (elektrookulografi) waktu pasien tidur, dengan menempatkan elektroda di permukaan badan pasien.
Multiple sleep latency test (MSLT), dipakai untuk ketahui berapakah lama saat yang diperlukan oleh pasien untuk tertidur pada siang hari. Pasien juga akan disuruh sekian kali untuk tidur di siang hari serta diukur berapakah lama saat yang diperlukan untuk pasien mulai tertidur, dan dinilai juga fase tidurnya. Bila pasien bisa tidur dengan gampang serta masuk fase tidur rapid eye movement (REM) secara cepat, jadi pasien peluang besar menanggung derita narkolepsi.
Pengukuran tingkat hipokretin. Kontrol kandungan hipokretin dikerjakan dengan memakai sampel cairan otak serta saraf tulang belakang (cairan serebrospinal) yang di ambil lewat prosedur pungsi lumbar (lumbar puncture), yakni menyedot cairan dari tulang punggung sisi bawah dengan memakai jarum.
Penyembuhan Narkolepsi
Belumlah ada obat untuk mengobati narkolepsi. Maksud penyembuhan cuma untuk mengatur tanda, hingga kesibukan pasien tidak terganggu. Untuk narkolepsi enteng, penyembuhan bisa dikerjakan dengan merubah alur rutinitas tidur. Namun, bila tanda yang keluar cukup kronis, jadi pasien butuh diberi obat-obatan. Terkecuali tingkat keparahan, memberi obat-obat juga akan memperhitungkan aspek beda, seperti umur, kisah kesehatan terlebih dulu, kesehatan keseluruhannya, resikonya yang mungkin saja diakibatkan, serta pilihan pasien.

Sebagian type obat yang dipakai untuk meredakan narkolepsi mencakup :

Stimulan, obat untuk merangsang system saraf pusat, hingga menolong pasien tetaplah terbangun pada siang hari. Dokter juga akan memberi stimulan type methylphenidate.
Antidepresan trisiklik. Obat antidepresan, seperti amitriptyline, menolong meredakan tanda katapleksi atau hilang kendali otot.
Anti depresan type selective serotonin reuptake inhibitors (SSRIs) atau serotonin and norepinephrine reuptake inhibitor (SNRIs). Obat ini berperan untuk menghimpit saat tidur, menolong memperingan tanda katapleksi, halusinasi, serta ketindihan atau sleep paralysis.
Komplikasi Narkolepsi
Narkolepsi bisa menyebabkan komplikasi yang beresiko pada fisik serta mental pasien. Komplikasi yang mungkin saja berlangsung mencakup :

Obesitas yang dikarenakan oleh alur makan terlalu berlebih atau kurang gerak karena seringkali tertidur.
Penilaian negatif dari lingkungan sosial. Pasien mungkin saja juga akan dipandang pemalas karna seringkali tertidur.
Cedera fisik. Resiko cedera fisik bisa berlangsung saat serangan tidur menyerang di waktu yg tidak pas, seperti saat mengemudi atau memasak.
Masalah konsentrasi serta daya ingat. Penurunan konsentrasi serta daya ingat mengakibatkan pasien susah kerjakan pekerjaan atau pekerjaan di sekolah atau kantor.
Komplikasi narkolepsi bisa dijauhi dengan lakukan berolahraga dengan teratur untuk hindari obesitas, jauhi mengemudi atau menjalankan alat beresiko untuk menghindar cedera, serta beri keterangan pada beberapa orang di sekitaran mengenai keadaan Anda untuk hindari penilaian negatif.

Mencegah Narkolepsi
Narkolepsi tidak bisa dihindari, namun penyembuhan dengan teratur bisa menolong kurangi jumlah serangan tidur yang mungkin saja berlangsung. Diluar itu, ada banyak hal yang bisa dikerjakan pasien narkolepsi untuk kurangi tanda yang mungkin saja keluar, yakni :

Berolahraga dengan teratur.
Jauhi mengkonsumsi makanan dengan jumlah berat sebelumnya kesibukan yang perlu.
Upayakan bangun pagi serta tidur malam pada pukul yang sama sehari-hari.
Tidur siang sepanjang 10-15 menit sesudah makan siang.
Jauhi mengkonsumsi nikotin serta alkohol karna bisa jadi parah tanda.
Kerjakan beberapa hal yang bisa merelaksasi fikiran sebelumnya tidur, seperti membaca atau mandi air hangat.
Buat situasi serta suhu kamar senyaman mungkin saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *