Kesehatan

Pengertian Jet Lag

Pengertian Jet Lag

Jet lag yaitu perubahan saat tidur sesaat atau terasa capek serta kebingungan sesudah perjalanan panjang dengan melewati sebagian zone saat memakai pesawat terbang. Tanda yang biasanya berlangsung karena jet lag yaitu masalah pada alur tidur, rasa senantiasa mengantuk, serta kelelahan baca juga 

Apa yang Mengakibatkan Terjadinya Jet Lag?
Jet lag yaitu efek dari perjalanan jarak jauh dengan pesawat sampai melewati sebagian zone saat, kurun waktu yang relatif singkat. Mengakibatkan, rutinitas fisik badan jadi terganggu. Di bawah ini yaitu banyak hal yang terkait dengan terjadinya jet lag :
Jam internal. Jam internal atau ritme sirkadian yaitu jam biologis yang mengatur siklus badan sepanjang 24 jam. Bila jam internal terganggu, badan bisa alami jet lag. Jam biologis sendiri menyebar di semua badan serta terbagi dalam beberapa grup sel yang sama-sama berhubungan. Semua grup sel ini dikendalikan oleh jam paling utama didalam otak yang bertugas menyesuaikan semua jam internal badan. Dengan berkepanjangan, badan mempunyai tanggapan sendiri pada sinar serta kegelapan, yakni keadaan yang memastikan saat bangun serta tidur. Kebiasaan ini juga akan terganggu saat seorang lakukan perjalanan jauh menuju zone saat yang berlainan. Cuma dalam penerbangan sepanjang sebagian jam, badan telah dapat ada di zone saat yang berlainan. Perjalanan yang cukup cepat ini buat badan mesti menyesuaikan serta membuat ulang ritme sirkadian. Sebagian penyesuaian yang perlu dikerjakan badan diantaranya :
Ketidaksamaan kemunculan sinar.
Ketidaksamaan datangnya gelap atau malam.
Ketidaksamaan saat makan.
Ketidaksamaan suhu udara.
Arah perjalanan. Arah perjalanan seorang akan memastikan tingkat keparahan jet lag yang dihadapi. Waktu melancong ke arah barat, tanda jet lag yang dihadapi umumnya semakin lebih enteng. Hal semacam ini dikarenakan badan lebih gampang beradaptasi dengan hari yang lebih panjang. Dengan kata beda, saat yang ditempuh juga akan jadi bertambah waktu melancong ke barat serta demikian halnya demikian sebaliknya. Lebih gampang untuk tunda saat tidur sebagian jam dari pada memaksakan untuk tidur lebih cepat.
Aspek-faktor resiko. Beberapa aspek yang dapat tingkatkan resiko seorang alami jet lag atau jadi parah keadaan jet lag salah satunya yaitu :
Jumlah zone saat yang dilintasi cukup banyak.
Umur yang telah senja.
Kurang cairan atau
Konsumsi minuman keras serta kopi sepanjang penerbangan.
Kurang tidur.
Stres.
Tanda Jet Lag
Jet lag mempunyai tanda yang tidak sama diantara orang yang merasakannya. Jarak serta jumlah zone saat yang dilintasi juga akan punya pengaruh pada tingkat keparahan tanda yang keluar. Tanda jet lag umumnya mulai dirasa sesudah melewati paling tidak tiga zone saat. Bila Anda lakukan penerbangan pendek serta melewati kurang dari tiga zone saat, Anda cuma juga akan rasakan tanda enteng. Tanda yang berlangsung umumnya lebih baik dalam dua hari, bergantung pada kecepatan badan dalam beradaptasi dengan zone saat yang baru.
Gejala-gejala jet lag salah satunya yaitu :

Masalah tidur, seperti insomnia, tidur terlalu berlebih, atau bangun sangat cepat.
Masalah pencernaan, seperti konstipasi atau diare.
Terasa kelelahan serta kehabisan daya.
Terasa tidak enak tubuh.
Kebingungan, susah untuk konsentrasi, atau sulit
Masalah menstruasi pada wanita.
Kehilangan selera makan.
Mual serta muntah.
Masalah ingatan.
Kuatir serta gampang geram.
Pusing serta sakit kepala.
Nyeri otot.
Penyembuhan Jet Lag
Jet lag tidaklah keadaan medis yang serius serta berkepanjangan. Keadaan ini juga akan lebih baik dengan sendirinya dalam periode waktu sekitaran dua hari. Untuk kurangi efek dari jet lag, Anda dapat berupaya buat penyesuaian pada pukul biologis di zone saat yang baru, terlebih dalam soal :
Makan. Upayakan makan sesuai sama jam makan di zone saat yang baru.
Tidur. Ikuti jam tidur pada zone saat yang baru.
Melakukan aktivitas. Kerjakan kesibukan diluar ruang supaya badan lebih gampang sesuaikan dengan kebiasaan yang baru.
Bila Anda diwajibkan konsumsi obat saat melancong jauh serta melewati sebagian zone saat, tanyakanlah pada dokter sebelumnya Anda pergi. Dokter juga akan memberitahu saat yang pas untuk konsumsi obat sesudah Anda tiba di lokasi maksud.
Di bawah ini yaitu contoh obat atau terapi yang mungkin saja dianjurkan oleh dokter pada pasien jet lag :

Melatonin. Melatonin yaitu hormon badan yang berperan memberitahu otak bila badan memerlukan tidur. Waktu Anda kesusahan tidur pada malam hari sesudah tiba di zone saat yang baru, Anda mungkin saja juga akan diberi obat yang memiliki kandungan hormon melatonin untuk mempermudah tidur. Tapi kepastian apakah obat ini efisien untuk menangani jet lag masih tetap belum juga dapat dibuktikan dengan tentu.
Pil tidur. Obat ini begitu menolong untuk sebagian orang yang alami jet lag. Tapi karna obat ini dapat buat kecanduan, jadi dokter tidak sering menyarankan mengkonsumsi obat ini lebih dari sekian hari. Obat ini dapat juga menyebabkan resikonya, seperti sakit kepala, diare, serta hidung berair.
Terapi sinar. Jam internal atau ritme sirkadian seorang di pengaruhi oleh paparan sinar matahari. Waktu melancong melewati zone saat, badan seorang harus juga menyesuaikan dengan jadwal baru terbit serta tenggelamnya matahari. Terapi sinar bisa memudahkan sistem penyesuaian seorang, lewat cara menyorotkan sinar buatan yang mengikuti sinar matahar ke mata pasien sepanjang sekian waktu.
Mencegah Jet Lag
Tak ada langkah yang dapat dipakai untuk menghindar jet lag, terutama bila Anda melancong melintas sebagian zone saat. Namun Anda dapat turunkan dampak dari jet lag tersebut. Bila perjalanan yang Anda kerjakan tidaklah terlalu lama, umpamanya sekitaran 3 hari, Anda dapat tetaplah melakukan zone saat daerah asal supaya jam biologis badan tidak terganggu. Di bawah ini yaitu cara-cara yang dapat dikerjakan untuk turunkan dampak dari jet lag :
Merubah kebiasaan tidur. Cocokkan saat tidur dengan saat tempat maksud Anda sekian hari sebelumnya pergi.
Membatasi paparan sinar jelas, sebab paparan sinar jelas jadi satu diantara hal yang memengaruhi jam internal badan.
Tidur yang cukup. Upayakan untuk tidur seperlunya sebelumnya Anda lakukan penerbangan. Kelelahan dapat jadi memperburuk tanda jet lag yang Anda alami.
Hindari dehidrasi. Yakinkan untuk konsumsi banyak air putih saat Anda dalam perjalanan serta sesudah tiba di tujuan. Hal semacam ini mempunyai tujuan untuk melawan dampak dari udara kering didalam kabin pesawat serta menghindar dehidrasi.
Batasi mengkonsumsi cafein serta minuman keras. Baiknya jauhi minuman yang memiliki kandungan alkohol serta cafein. Ke-2 bahan ini dapat tingkatkan resiko dehidrasi serta jadi parah tanda jet lag yang dihadapi.
Istirahat sepanjang perjalanan. Kerjakan tidur sekian waktu sepanjang Anda dalam perjalanan.
Tiba di tujuan lebih awal. Bila Anda melancong jauh (umpamanya untuk satu rapat yang perlu), upayakan untuk dapat tiba di maksud sekian hari lebih awal. Ini juga akan memberi badan saat untuk menyesuaikan dengan perubahan alur tidur yang berlangsung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *