Kesehatan

Pengertian Asam Traneksamat

Pengertian Asam Traneksamat

Asam traneksamat yaitu obat yang dipakai untuk kurangi atau hentikan perdarahan. Saat alami perdarahan, badan automatis juga akan membekukan darah untuk hentikan perdarahan. Namun pada sebagian keadaan, bekuan darah yang telah terjadi ini gampang hancur serta perdarahan selalu berlangsung toko herbal terdekat

Asam traneksamat bekerja lewat cara menghalangi hancurnya bekuan darah yang telah terjadi, hingga perdarahan tidak selalu berlangsung. Asam traneksamat dipakai untuk kurangi perdarahan pada wanita dengan menorrhagia serta menghindar perdarahan waktu aksi cabut gigi pada pasien hemofilia. Namun kadang-kadang asam traneksamat juga dipakai untuk mimisan, hifema atau perdarahan pada mata, perdarahan saat operasi, serta hereditary angioedema, yakni kelainan genetik yang menyebabkan pembengkakan dibawah kulit.

Merk dagang : Asam Traneksamat, Asamnex, Clonex, Clonex 250, Clonex 500, Ethinex, Haemostop, Intermic, Kalnex, Lexatrans, Lunex, Nexa, Nexitra, Plasminex, Pytramic 500, Quanex, Ronex, Tramix, Tranec, Tranexamic Acid, Tranexid, Transamin, Tranxa, Traxcid

Mengenai Asam Traneksamat
Golongan Antifibrinolitik
Kategori Obat resep
Dipakai oleh Dewasa serta anak-anak
Faedah Mengurangi atau hentikan perdarahan
Kelompok kehamilan serta menyusui Kategori B : Studi pada binatang percobaan tidak memerlihatkan ada resiko pada janin, namun belumlah ada studi termonitor pada wanita hamil. Asam traneksamat bisa diserap kedalam ASI, obat ini tidak bisa dipakai sepanjang menyusui.
Bentuk Obat Tablet, kapsul, suntik
Peringatan :
Jauhi pemakaian asam traneksamat dengan tretinoin, pil KB, serta aspek pembekuan.
Hati-hati pemakaiannya pada pasien perdarahan subarachnoid, masalah peranan ginjal, masalah pandangan, perdarahan saluran kemih, serta pasien yang sempat atau tengah alami penyakit penggumpalan darah, seperti deep vein thrombosis.
Hentikan konsumsi asam traneksamat serta selekasnya jumpai dokter bila alami masalah atau perubahan dalam pandangan.
Berikan tahu dokter bila siklus menstruasi berjalan kurang dari 21 hari atau lebih dari 35 hari.
Bila berlangsung reaksi alergi atau overdosis sesudah memakai asam traneksamat, selekasnya jumpai dokter.
Dosis Asam Traneksamat
Keadaan Bentuk Obat Usia Dosis
Perdarahan periode pendek Suntik intravena Dewasa 0, 5-1 gr atau 10 mg/kgBB, 3 kali satu hari. Atau 25-50 mg/kgBB, per 24 jam, lewat infus berkepanjangan.
Anak-anak 10 mg/kgBB, 2-3 kali satu hari.
Perdarahan periode pendek Tablet/kapsul Dewasa 1-1, 5 gr atau 15-25 mg/kgBB, 2-3 kali satu hari.
Anak-anak 25 mg/kgBB, 2-3 kali satu hari.
Hereditary angioedema Tablet/kapsul Dewasa 1-1, 5 gr, 2-3 kali satu hari.
Anak-anak 25 mg/kgBB, 2-3 kali satu hari.
Memakai Asam Traneksamat dengan Benar
Ikutilah saran dokter serta bacalah info yang tercantum pada label paket obat sebelumnya memakai asam traneksamat. Janganlah menaikkan atau kurangi dosis tanpa ada konsultasi lebih dulu pada dokter.

Asam traneksamat oral bisa dikonsumsi sebelumnya atau sesudah makan. Pakai air untuk menelan asam traneksamat tablet dengan utuh. Janganlah menghancurkan, kunyah, atau membelah tablet karna bisa tingkatkan resikonya obat.

Upayakan selalu untuk konsumsi asam traneksamat pada pukul yang sama sehari-harinya. Untuk pasien yang lupa konsumsi asam traneksamat, dianjurkan untuk selekasnya mengerjakannya demikian teringat, bila jeda dengan jadwal mengkonsumsi selanjutnya tidaklah terlalu dekat. Bila telah dekat, abaikan janganlah melipat-gandakan dosis.

Untuk perlakuan perdarahan pada saat menstruasi, asam traneksamat baiknya dikonsumsi saat masa menstruasi diawali. Janganlah konsumsi asam traneksamat bila tidak tengah menstruasi, serta janganlah konsumsi obat ini sepanjang lebih dari 5 hari dalam siklus menstruasi atau 6 tablet dalam 24 jam. Asam traneksamat dipakai untuk kurangi jumlah darah sepanjang masa menstruasi, bukanlah untuk hentikan darah menstruasi. Selekasnya hubungi dokter bila perdarahan tidak lebih baik atau makin lebih buruk.

Taruh asam traneksamat pada suhu ruang serta didalam wadah tertutup, hingga tidak terserang paparan cahaya matahari dengan segera, serta jauhkan dari jangkauan anak-anak.

Hubungan Obat
Di bawah ini yaitu beberapa hubungan yang bisa berlangsung bila memakai asam traneksamat dengan obat-obatan beda :

Tingkatkan resiko pembentukan gumpalan darah yang bisa menyumbat pembuluh darah, bila dipakai berbarengan dengan hormon estrogen serta aspek pembekuan.
Tingkatkan resiko pembentukan gumpalan darah yang berbentuk fatal pada pasien leukemia bila dipakai dengan tretinoin.
Dampak Samping Asam Traneksamat
Di bawah ini yaitu resikonya yang mungkin saja muncul dari pemakaian asam traneksamat tablet atau kapsul :

Sakit kepala.
Nyeri otot serta sendi.
Hidung terhalang.
Nyeri perut.
Nyeri punggung.
Mual serta muntah.
Diare
Lemas.
Anemia.
Migrain.
Pusing.
Saksikan selanjutnya tentang :

Hemofilia
Menorrhagia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *