Kesehatan

Pendengaran Anda Berkurang? Bisa Jadi Telinga Tersumbat Serumen

Pendengaran Anda Berkurang? Bisa Jadi Telinga Tersumbat Serumen

Badan Anda dengan alami menghasilkan cairan (dimaksud serumen) yang berperan membuat perlindungan saluran telinga dari kotoran. Tetapi, apa yang berlangsung apabilan cairan serumen di produksi terlalu berlebih? Serumen bisa menumpuk serta mengeras hingga saluran telinga jadi terhalang. Mengakibatkan, telinga merasa sakit serta berdengung baca juga

Serumen yaitu sisi dari pertahanan alami badan Anda yang bertindak dalam menjebak kotoran yang masuk ke telinga serta perlambat perkembangan bakteri.

Apa yang Mengakibatkan Telinga Terhalang Serumen? Wajarnya cairan serumen dengan teratur masuk ke saluran telinga Anda. Cairan ini lalu disapu bersih serta digantikan oleh serumen baru. Bila cairan serumen di produksi terlalu berlebih atau bila tidak seutuhnya dibikin bersih dari saluran telinga, cairan ini akan menumpuk serta menyumbat saluran telinga.

Diluar itu, penyumbatan di saluran telinga bisa dikarenakan oleh rutinitas mengorek telinga sangat dalam. Rutinitas ini bukannya bersihkan kotoran, jadi mendorong serumen makin masuk kedalam.

Saluran telinga serta gendang telinga adalah susunan yang begitu rapuh serta gampang rusak. Janganlah tusuk telinga Anda dengan benda—kapas, lidi, klip kertas, tutup pena, atau jepitan rambut. Benda itu malah mendorong serumen masuk lebih dalam serta dapat mengakibatkan kerusakan susunan saluran telinga atau gendang telinga.

Sebagian orang memakai tehnik candling telinga—suatu tehnik menempatkan lilin berupa kerucut serta berlubang yang menyala kedalam telinga manfaat menyingkirkan serumen. Tetapi tehnik ini tidak dianjurkan karna tidak dapat dibuktikan efisien serta bisa mengakibatkan luka bakar.

Langkah Praktis untuk Mengobat Telinga Terhalang Sumbatan Serumen bila Anda telinga Anda terhalang serumen, langkah berikut ini mungkin saja juga akan menolong Anda untuk menghilangkannya. Terlebih dulu, yakinkan dahulu Anda belum juga sempat melakukan pembedahan telinga.

Lunakkan sumbatan serumen dengan meneteskan sebagian tetes minyak bayi, minyak mineral, atau gliserin memakai alat tetes mata. Kerjakan ini 2 x satu hari sepanjang 4-5 hari.

Saat serumen sudah melunak, tuangkan air yang cukup hangat kedalam pipet yang berbuntut bola karet (bulb syringe). Upayakan supaya suhu air tidak lebih panas atau dingin dari suhu badan.

Tegakkan kepala Anda, pegang sisi atas telinga serta tarik ke atas. Lalu pencet pipet dengan hati-hati agar air hangat dengan perlahan-lahan masuk kedalam saluran telinga. Sesudahnya miringkan kepala Anda supaya air barusan dapat kembali mengalir keluar. Ulangilah sistem ini sekian kali hingga sumbatan serumen menghilang.

Setelah Anda terasa sumbatan serumen menghilang, dengan perlahan-lahan keringkan telinga sisi luar memakai handuk atau hair dryer.

Anda dapat juga memakai perlengkapan pembasmi serumen yang di jual di apotik atau toko obat. Tanyakanlah pada dokter atau profesional beda bila sangsi perlengkapan mana yang paling baik untuk Anda.

Walau telah mengaplikasikan langkah diatas, masih tetap ada peluang sumbatan serumen belum juga seutuhnya hilang dari saluran telinga. Bila telinga masih tetap merasa sakit serta berdengung, Anda membutuhkan perlakuan selanjutnya oleh dokter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *