Bisnis

Pelindo I Tambah Investasi di Terminal Petikemas Belawan

Pelindo I Tambah Investasi di Terminal Petikemas Belawan

PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) I menanamkan investasi peralatan di Belawan International Container Terminal ( BICT) sebagai upaya untuk mendukung kegiatan bongkar muat petikemas.

Hal tersebut dilakukan juga untuk meningkatkan pelayanan kepada para pengguna jasa petikemas dan untuk mendukung program tol laut yang digagas oleh pemerintah.

Investasi peralatan tersebut berupa 20 unit Terminal Tractor Terberg beserta chasis yang diserahkan secara resmi oleh Bambang Eka Cahyana selaku Direktur Utama PT Pelindo I kepada Aris Zulkarnain selaku General Manager BICT.

“Penambahan peralatan ini akan menambah jumlah kekuatan dan ketersediaan trucking yang telah ada di BICT untuk melayani kegiatan bongkar muat,” ujar Aris melalui keterangan resminya.

Aris mengatakan bahwa menurutnya dengan penambahan peralatan tersebut diharapkan kinerja operasional BICT yang saat ini mencapai rata-rata 45 box per kapal per jam bisa lebih meningkat.

“Penambahan peralatan ini dilakukan untuk meningkatkan pelayanan  dan menambah fasilitas peralatan pelabuhan sesuai standar internasional,” ujar Bambang Eka Cahyana selaku Direktur Utama Pelindo I.

Namun demikian, Bambang tidak menjelaskan lebih lanjut berapa nilai investasi yang digelontorkan oleh Pelindo I guna menambah peralatan petikemas tersebut.

Dirinya berharap dengan adanya tambahan peralatan tersebut maka bisa meningkatkan produktivitas dan pelayanan serta pencapaian target perusahaan. Saat ini jumlah trucking yang beroperasi di BICT menjadi 39 unit untuk melayani kegiatan angkutan petikemas.

Pelindo I memiliki wilayah operasi di empat provinsi yang meliputi Provinsi Aceh, Sumatera Utara, Riau Daratan dan Riau Kepulauan, serta mengelola 16 cabang pelabuhan, 11 kawasan pelabuhan.

Sedangkan, layanan Pelindo I meliputi pelayanan kapal, pelayanan barang, pelayanan penumpang dan jasa kepelabuhanan lainnya.

Sumber: kompas.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *