Kuliner

Mengenal manfaat nasi kuning untuk kesehatan

 

Nasi kuning mungkin merupakan salah satu hidangan yang sudah tidak asing lagi untuk masyarakat Indonesia. Nasi kuning merupakan nasi yang berasal dari tradisi masyarakat Indonesia, yang terkadang menjadi ciri khas adat untuk daerah tertentu dalam menyambut atau merayakan acara-acara tertentu.

Nasi kuning merupakan nasi yang terkadang disajikan dengan model tumpeng dan biasa ditemani oleh beragam lauk pauk yang sesuai dengan daerahnya masing-masing. Karna saat ini nasi kuning sudah sangat terkenal banyak juga menu catering kantoran yang menambahkan menu nasi kuning didalamnya.

Dari mengangkat tradisi nusantara membuat nasi kuning menjadi salah satu makanan khas Indonesia yang ternyata memiliki manfaat untuk kesehatan. Nasi yang dimasak dengan mencampurkan rempah kunyit didalamnya untuk mengubah warna putih menjadi warna kuning, diantaranya memiliki manfaat sebagai berikut :

 

  • Kunyit merupakan rempah yang memiliki kandungan antiseptic serta anti bakteri alami yang berguna untuk mendesinfeksi luka yang terbakar.
  • Jika dikombinasikan dengan kembang kol, kunyit akan menunjukkan kemampuannya dalam mencegah kanker prostate, serta menghentikan pertumbuhan kanker prostate.
  • Kunyit dapat mencegah kanker payudara yang menuju paru-paru pada mencit.
  • Mengurangi resiko leukemia pada anak-anak.
  • Dapat mencegah melanoma dan bisa membuat sel melanoma yang ada melakukan bunuh diri.
  • Kunyit dapat mencegah dan memperlambat perkembangan dari penyakit alzhaimer dengan cara menghilangkan plak amiloid yang terbentuk didalam otak.
  • Dapat mencegah metastase dari keberadaan dalam banyak bentuk kanker.
  • Merupakan anti inflamasi alami yang bisa bekerja dengan baik seperti obat inflamasi tanpa adanya efek samping.
  • Kunyit dapat dijadikan pengawet, karna kunyit dapat menghambat dan membunuh bakteri atau jasad lain penyebab busuk, penghasil bau yang tidak sedap, dan lainnya.
  • Dapat menjadi peningkat nilai olganoleptik makanan supaya lebih lezat, lebih menarik, serta lebih baik.
  • Terakhir kunyit dapat digunakan untuk mengatasi diabetes mellitus.

Jadi dengan mengkonsumsi nasi kuning tentu sama saja dengan kita mengkonsumsi kunyit yang memiliki banyak sekali manfaat yang terkandung didalam kunyit. Tak perlu khawatir, jika saat ini anda belum bisa membuat nasi kuning sendiri dirumah, karna saat ini banyak sekali penjual nasi kuning, baik yang dijual dipagi hari atau untuk berlibur bisa pesan nasi kuning box pada jasa catering.

 

Kesimpulannya ialah, cintailah kuliner khas Indonesia yang telah diakui oleh dunia akan keinkmatan dan keberagamannya. Termasuk manfaatnya untuk kesehatan karna menggunakan bahan yang terbuat dari alam, sehingga tidak memiliki efek samping.

Tapi meskipun memiliki manfaat jangan dikonsumsi secara berlebihan, karna apapun yang berlebihan pasti tidak akan baik untuk kesehatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *