Bisnis

Mencegah Perusahaan Asuransi Tidak Mengganti Kerugian Anda

Mencegah Perusahaan Asuransi Tidak Mengganti Kerugian Anda – Asuransi merupakan sebuah produk keuangan yang kita kenal berfungsi proteksi dan akan sangat bermanfaat ketika mengalami kerugian. Berapa pun jumlah kerugian yang diderita, perusahaan asuransi berjanji akan menggantinya. Tetapi beberapa dari anda (yang memiliki asuransi) mungkin pernah mengalami kesulitan dalam melakukan klaim kepada pihak asuransi atas kerugian yang anda alami, bahkan beberapa dari anda mungkin pernah tidak diganti kerugiannya oleh perusahaan asuransi. Pernahkah anda?

Jika anda pernah mengalami hal seperti itu (klaim yang tidak dibayar), bukan hal yang mengejutkan sebenarnya, banyak faktor yang bisa membuat kerugian anda tidak diganti oleh pihak perusahaan asuransi. Misalnya, kerugian yang anda alami tidak tercantum dalam polis sebagai sebuah kerugian yang ditanggung oleh perusahaan asuransi; atau bisa juga kerugian yang anda alami tercantum dalam polis sebagai kerugian yang ditanggung akan tetapi penyebab utama kerugian yang anda alami bukanlah hal yang utama sebagai penyebab kerugian anda. jasa lainnya: info training pajak

Singkatnya, sebuah kerugian yang dialami oleh pemegang polis hanya akan diganti oleh perusahaan asuransi jika kerugian tersebut sesuai dengan ‘syarat dan ketentuan’ yang tercantum di dalam polis. Sehingga segala kerugian yang di alami oleh pemegang polis di luar ‘syarat dan ketentuan’ yang tercantum di dalam polis tidak akan diganti oleh perusahaan asuransi. Ya, anda tidak salah membaca, bila tidak tercantum di dalam polis, segala kerugian anda tidak akan diganti oleh perusahaan asuransi. artikel lainnya pph pasal 21

Sehingga, membaca polis asuransi yang anda miliki (atau yang akan anda miliki) menjadi sangat penting untuk dilakukan. Sebagai pemegang polis, anda jangan hanya percaya pada apa yang dikatakan oleh agen asuransi saja. Kenapa? Karena pada akhirnya yang menjadi ‘pegangan’ anda adalah polis asuransi yang anda miliki, bukan perkataan agen asuransi. Jika suatu saat anda meminta ganti kerugian kepada perusahaan asuransi, modal anda adalah perjanjian anda dengan perusahaan asuransi, yaitu polis yang anda miliki.

Kemudian, yang jadi pertanyaan penting adalah, apakah anda pernah membaca polis asuransi yang anda miliki? Apakah anda pernah dijelaskan secara rinci oleh agen asuransi mengenai ketentuan-ketentuan yang ada di dalam polis yang anda miliki? Apakah anda pernah bertanya kepada agen asuransi mengenai ketentuan yang terdapat dalam polis? Jika jawabannya adalah ‘tidak’, maka anda wajib khawatir terhadap proteksi diri anda. Bukan hanya khawatir terhadap perlindungannya saja, tapi apakah perlindungannya cukup dan tepat untuk anda.

Atau mungkin juka, saat anda memutuskan untuk memiliki sebuah asuransi anda tidak pernah mencari tahu jenis proteksi apa yang cocok untuk anda; Tidak pernah tahu asuransi seperti apa yang tepat untuk anda; Dan sampai sekarang saat anda sudah memiliki asuransi, anda belum mengetahui besaran proteksi yang tepat untuk anda. Padahal, mengetahui hal-hal tersebut adalah hal mendasar jika anda ingin proteksi yang anda miliki dapat melindungi diri anda. Jangan sampai, anda memiliki asuransi tetapi asuransi tersebut tidak mengganti kerugian anda. artikel lainnya: pengertian pajak

Tidak mau kan hal tersebut terjadi pada anda?

Oleh sebab itu, pengetahuan mengenai manfaat produk asuransi; mengenal jenis-jenis asuransi; dan mengetahui berapa besar kebutuhan harus anda miliki. Mengetahui manfaat asuransi akan membantu anda ‘menjaga’ diri anda dan keluarga, mengenal jenis-jenis proteksi akan membantu anda memilih jenis apa yang cocok bagi anda, dan mengetahui besaran kebutuhan proteksi akan memaksimalkan fungsi dari asuransi tersebut agar anda dan keluarga terlindungi secara optimal.

Selanjutnya, meskipun melelahkan, membaca ketentuan yang ada di dalam polis akan sangat berguna bagi anda. Dalam beberapa kasus, apa yang dikatakan oleh agen bisa jadi berbeda dengan apa yang tercantum di dalam polis. Bukan hanya itu, definisi atas sebuah terminologi yang dikenal bisa jadi berbeda dengan apa yang tercantum di dalam polis asuransi yang anda miliki. Meskipun berbeda pemahaman, sekali lagi saya sampaikan, yang berlaku adalah ketentuan yang tercantum di dalam polis asuransi yang anda miliki.

Nah, jika anda baru akan memiliki asuransi, anda berhak membaca terlebih dahulu polis yang akan anda tandatangani. Jika anda merasa ada ketidaksesuaian antara apa yang ditawarkan oleh agen asuransi maka anda berhak menolak polis asuransi tersebut. Jika anda malas membaca polis lalu anda menandatangani polis yang diberikan oleh agen, jangan salahkan perusahaan asuransi bila asuransi yang anda miliki tidak mengganti kerugian yang anda alami.

Sumber: detikFinance

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *