Bisnis

Memulihkan Masalah Keuangan

Kemunduran keuangan adalah sesuatu yang pasti terjadi, dan jika Anda mendapati diri Anda berurusan dengan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK), biaya pengobatan tinggi, atau kemunduran lain, ada beberapa langkah yang harus Anda lakukan untuk memulai pemulihan. Diantaranya:

Menilai situasi pribadi Anda
Pertama, kaji situasi sehingga Anda tahu persis apa yang sedang Anda hadapi. Apakah ini kemunduran satu kali, atau masalah yang sedang berlangsung? Apakah itu bersifat sementara atau malah bersifat permanen? Sehingga anda dapat tahu dengan persis berapa banyak uang yang Anda butuhkan dan berapa banyak yang Anda miliki.

Menganalisis sumber keuangan yang tersedia
Tentukan sumber daya apa yang tersedia untuk Anda, baik dari rekening Anda sendiri maupun asuransi. Jika Anda menghadapi tagihan medis, sudahkah Anda memastikan semuanya telah ditangani secara tepat oleh asuransi? Apakah Anda memiliki dana darurat? Apabila demikian, ini mungkin saat yang tepat untuk mulai menggunakannya.

Tetapkan prioritas keuangan
Setelah Anda mengetahui dengan persis situasi Anda dan sumber daya apa yang Anda miliki untuk Anda, Anda harus menetapkan skala prioritas. Persiapkan anggaran Anda serta  tentukan apakah ada kemungkinan untuk menurunkan biaya, seperti membatalkan atau dengan mengurangi sesuatu.

Ketahui tagihan mana yang harus dibayar dengan segera, dan hal apa saja yang bisa Anda prioritaskan nanti. Jangan tergoda untuk tidak menggunakan asuransi, ini dapat mengubah kemunduran kecil menjadi masalah utama dengan sangat cepat.

Buat rencana keuangan pribadi
Kerjakan anggaran dan tagihan Anda dengan pasangan Anda dan putuskan bagaimana Anda akan mendapatkan semua yang harus dibayar. Apakah ada kesempatan untuk menghasilkan lebih banyak atau menghabiskan lebih sedikit? Mengetahui dengan persis bagaimana Anda akan menghabiskan uang Anda selama beberapa bulan ke depan, dan membuat rencana untuk melacak kemajuan Anda.

Hubungi kreditur Anda
Akhirnya, jika ada beberapa tagihan dan Anda benar-benar tidak mampu melakukan pembayaran minimum, hubungi kreditur Anda untuk mengerjakan opsi pembayaran. Anda harus membuat panggilan telepon ini sebelum tagihan Anda berakhir dalam koleksi, karena sekali di sana, pilihan Anda akan sangat terbatas.

Semoga bermanfaat.

Sumber: detikFinance

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *