Berkebun

Manfaat Dari Jambu Citra

Jambu Citra

Siapa sih yang tidak tahu akan jambu air yang satu ini? Iya, tanaman buah ini adalah primadona yang sedang naik daun untuk jenis tanaman buah hortikultura tahunan. keberadaan jenis jambu ini menjadi target buruan untuk dibibitkan ataupun untuk dikonsumsi masyarakat. nama jambu ini yaitu jambu citra, jambu citra bisa di tanam di iklim seperti di indonesia ini. Biasanya jambu citra ini ditanam di pekarangan rumah ataupun bisa juga dibudidayakan dengan skala yang besar.

Manfaat Dari Jambu Citra

Jambu jenis ini memiliki bobot buah sekitar 200 atau 300 gram per buahnya, tinggi pohon ideal sekitar 5 meter dan panjang tajuk bisa mencapai 2 meter. sehingga tanaman tersebut akan lebih menghemat luasan ruang tanam. jambu citra mempunyai bentuk batang bulat, permukaan batangnya halus dan berwarna coklat serta bercabang pohon jambu ini mempunyai daun dengan bentuk tombak memanjang dan warna daun mudanya merah keunguan sedangkan untuk warna daun tuanya hijau tua.

Bunga jambu citra mempunyai tipe spatula dengan mahkota berwarna kuning. bentuk buahnya berbentuk lonceng tak berlekuk dengan 1 atau 10 buah pertandanya. adapun beberapa syarat agar tanaman jambu citra ini dapat berbuah cepat dan lebat yaitu pertama harus memenuhi syarat tumbuh tanaman dua bibit jambu citra yang digunakan harus berkualitas tiga pengolahan media tanam yang tepat empat teknik penanaman lima pemupukan tanaman dan keenam pengendalian hama dan penyakit. saya akan menjabarkan beberapa syarat di atas :

Syarat tumbuh tanaman adapun beberapa syarat tumbuh tanaman yang diperlukan oleh jambu citra untuk berbuah lebat yaitu ketinggian tempat, curah hujan, temperatur atau suhu, lama penyinaran matahari dan tingkat keasaman tanah atau ph. jambu citra sangat cocok ditanam pada tanah yang subur gembur dan mempunyai banyak kandungan bahan organik. Untuk ketinggian tempat, tanaman ini memiliki daya adaptasi yang cukup tinggi pada lingkungan tropis dari dataran rendah sampai dataran tinggi di 1000 mdpl. kondisi lingkungan di atas lah yang mampu membuat tanaman jambu citra ini memiliki kualitas buah yang baik dan rasanya manis.

Berikut Adalah Manfaat Jambu Citra

1. Mengontrol Diabetes

Jambosine adalah sejenis Kandungan mirip dengan alkaloid yang telah menunjukkan hasil yang sangat menjanjikan dalam menghalangi atau mengatur konversi pati menjadi semacam gula. Hal ini menunjukkan perkembangan yang sangat penting bagi semua  penderita diabetes dan orang-orang yang  terkena  akan resiko penyakit diabetes. Penelitian lebih lanjut sedang berlangsung dan menunjukkan tentang dampak jambosine pada kontrol gula dalam darah.

2. Menyehatkan Pencernaan

Bauh jambu citra terdapat banyak kandungan yang memiliki serat yang tinggi, maka  dari itu jambu air ini akan membuat tubuh anda lebih mudah mengatur perjalanan makanan melalui saluran pencernaan, dapat juga menghilangkan sembelit  Dan juga sebagai pengobatan tradisional pada bagian bijinya yang telah digunakan untuk mencegah diare dan disentri.

3. Pencegahan Kanker

Terdapat senyawa organik yang aktif yang ada pada buah jambu citra ini dan juga  mengandung vitamin C dan vitamin A, yang telah dikenal banyak orang sebagai pengobatan kanker secara alami dan aman dan juga dapat melakukan pencegahan yang efektif. Penelitian sejak awal dan juga pengobatan tradisional mengklaim bahwa kanker prostat dan kanker payudara, berkurang secara signifikan dengan menambahkan jambu citra ini untuk diet.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *