Bisnis

Manfaat Mengetahui Saat Timbulnya Hutang Pajak

Manfaat Mengetahui Saat Timbulnya Hutang Pajak

Timbulnya hutang pajak mempunyai peranan yang sangat penting bagi negara, dalam beberapa hal dibawah ini, diantaranya adalah:

Pembayaran atau Penagihan Pajak

Jangka waktu setelah saat terutang pajak untuk pelunasan hutang pajak biasanya ditentukan oleh Undang-Undang. Jika hutang pajak pada saat jatuh tempo tetapi belum dibayar maka akan dilakukan penagihan oleh Kantor Pelayanan Pajak (KPP) setempat dan jika pembayarannya terlambat, maka akan dikenai sanksi administrasi berupa denda.

Memasukkan Surat Keberatan

Surat keberatan hanya dapat dimasukkan dalam jangka waktu tiga bulan setelah diterimanya surat ketetapan pajak atau surat terutangnya pajak menurut ajaran formal dan jika lebih dari tiga bulan maka pengajuan surat keberatan sudah dianggap daluarsa.

Penentuan Daluarsa

Daluarsa dalam pajak dihitung lima tahun sejak terutangnya pajak. Ada yang dihitung sejak awal tahun dan ada juga yang dihitung sejak akhir tahun. Tergantung pada sistem pungutan di muka atau sistem pemungutan di belakang.

Menerbitkan Surat Ketetapan Pajak dan Surat Ketetapan Pajak Tambahan

Surat Ketetapan Pajak dan Surat Ketetapan Pajak Tambahan hanya dapat diterbitkan dalam jangka waktu lima tahun sejak terutang pajaknya.

Hapusnya Hutang Pajak

Selain hutang pajak itu dapat timbul, hutang pajak pun dapat berakhir atau dihapus. Hapusnya utang pajak dapat disebabkan oleh beberapa hal, diantaranya:

Pembayaran

Utang pajak yang melekat pada Wajib Pajak (WP)nakan dihapus karena pembayaran yang dilakukan oleh WP ke Kas Negara.

Kompensasi

Keputusan yang ditujukan kepada kompensasi hutang pajak dengan tagihan seseorang diluar pajak tidak diperkenankan. Maka dari itu kompensasi terjadi apabila WP mempunyai tagihan berupa kelebihan pembayaran pajak. Jumlah kelebihan pembayaran pajak yang diterima WP sebelumnya harus dikompensasikan dengan pajak-pajak lainnya yang terutang.

Daluarsa

Daluwarsa atau lewat waktu merupakan sebagai salah satu penyebab berakhirnya utang pajak dan dihapusnya perikatan karena lampaunya jangka waktu tetentu, yang ditetapkan dalam UU. Hak untuk melakukan penagihan pajak, daluarsa setelah lampau waktu sepuluh tahun terhitung sejak saat terutangnya pajak atau berakhimya masa pajak, bagian tahun pajak atau tahun pajak yang bersangkutan. Hal ini untuk memberikan kepastian hukum kapan hutang pajak dapat ditagih lagi. Namun daluarsa penagihan pajak tertangguh, antara lain; apabila diterbitkan Surat Teguran dan Surat Paksa.

Pembebasan

Hutang pajak tidak berakhir dalam arti yang semestinya tetapi karena ditiadakan. Pembebasan umumnya tidak diberikan terhadap pokok pajaknya, tetapi terhadap sanksi administrasi.

Penghapusan

Penghapusan hutang pajak ini sama sifatnya dengan pembebasan, tetapi diberikannya karena keadaan Wajib Pajak misalnya keadaan keuangan Wajib Pajak (Waluyo dan Wirawan, 1999:10).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *