Berkebun

Jokowi Tiba di Riau, Peremajaan Sawit Rakyat Resmi Dimulai

Presiden RI Joko Widodo meluncurkan Program Peremajaan Sawit Rakyat di Kabupaten Rokan Hilir Riau, Rabu (9/5/2018).

Peluncuran program ini di Riau adalah lanjutan dari proses program sama di Sumatera Selatan serta Sumatera Utara.

Deputi Bagian Protokol, Pers serta Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin mengatakan, peremajaan sawit rakyat di Riau begitu menekan.

Dari keseluruhan 1, 58 juta hektare luas lahan kelapa sawit rakyat di Propinsi Riau, sebagian besar yaitu kebun tua yang penanamannya dikerjakan pada sekitaran th. 1980-an lewat Program Perkebunan Inti Rakyat-Transmigrasi (PIR-Trans).

Oleh karenanya, produktivitasnya pada sekarang ini jadi rendah serta tidak didapat hasil yang baik.

Presiden Joko Widodo bertolak ke Kabupaten Rokan Hilir dengan memakai helikopter Super Puma TNI AU lewat Pangkalan TNI AU Roesmin Nurjadin pada jam 08. 20 WIB.

Jokowi tiba di helipad di lapangan sepak bola di Kelurahan Bagan Batu Kota, Kecamatan Bagan Sinembah, Kabupaten Rokan Hilir jam 09. 10 WIB dengan didampingi Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko serta Plt Gubenur Riau Wan Thamrin Hasyim. Mereka diterima Plt Bupati Rokan Hilir Jamiludin.

Beberapa ribu warga Rokan Hilir juga ikut menyongsong hadirnya Jokowi serta rombongan. Mereka pernah sekian kali menahan langkah karna banyak warga yang menginginkan bersalaman serta menegur.

Tokoh kebiasaan setempat lantas menyematkan tanjak berbentuk ikat kepala, selempang serta kain pinggang berwarna kuning pada Jokowi.

Dari lokasi helipad, Presiden dengan rombongan menuju lokasi penanaman kembali kelapa sawit untuk meluncurkan program Peremajaan Sawit Rakyat (PSR) di Propinsi Riau.

Program sawit rakyat pertama kalinya di luncurkan di Musi Banyuasin, Sumatera Selatan, pada 13 Oktober 2017. Peluncuran ke-2 dikerjakan di Serdang Bedagai, Sumatera Utara, pada 27 November 2017.

Di Kabupaten Rokan Hilir, pemerintah juga akan mulai peremajaan kebun sawit rakyat seluas 25. 423 hektare untuk Riau di th. 2018.

Luasan itu menyebar di 8 kabupaten, yakni Rokan Hulu, Rokan Hilir, Kampar, Siak, Pelalawan, Kuantan Sengingi, Indragiri Hulu serta Bengkalis.

Tagged , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *