Rumah

Jenis-jenis AC Yang Perlu Kamu Ketahui

Belakangan ini kebanyakan rumah modern dan rumah minimalis, menggunakan AC untuk pendingin ruangan pada masing-masing rumah. AC (Air Conditioner) atau pendingin ruangan tersebut tentu memiliki jenis yang berbeda-beda yang dibagi berdasarkan fungsi dan kegunaannya. Masing-masing jenis dan tipe AC tersebut memiliki perbedaan baik dari segi model, ukuran dan harga.

AC Split

AC Split merupakan jenis AC yang perawatannya mudah. Oleh karena itu jenis AC ini paling sering digunakan untuk rumah dan perkantoran. Selain itu, jenis AC ini juga mudah dipasang di bagian dinding atas, sehingga tidak akan mengganggu dekorasi ruangan. Bagian mesin pada AC jenis ini juga berada pada bagian AC yang diletakkan di luar ruangan, sehingga tidak akan membuat ruangan terasa panas dan berisik. Pilihan tipe pada jenis ini seperti tipe standar, tipe low watt, plasma dan inverter juga menjadi kelebihan yang membuatnya banyak dijadikan pilihan.

Baca juga: 125 ide desain rumah minimalis klik disini

AC Casette

Untuk penggunaan ruangan kantor atau ruangan pertemuan yang luas, umumnya jenis AC yang digunakan adalah AC dengan jenis Casette. Hal ini karena jenis AC Casette bisa dengan lebih cepat mendinginkan ruangan yang mempunyai ukuran besar. Berbeda dengan jenis AC Split, jenis AC Casette ini biasanya dipasang dan diletakkan pada bagian plafon ruangan, sehingga untuk memasangnya pun dibutuhkan keahlian khusus dibanding memasang AC Split.

AC Standing

AC Standing merupakan jenis AC yang biasanya digunakan pada acara atau moment tertentu. Tidak terpasang secara permanen, jenis AC Standing biasanya dapat dipindah-pindahkan ke tempat atau ruangan yang membutuhkan pendingin ruangan.

AC Ducted

Penggunaan jenis AC Ducted biasanya digunakan pada gedung perkantoran, mall, rumah sakit atau pabrik yang memiliki jalur pendingin khusus. Jalur pendingin ini biasanya dapat diatur-atur dengan mudah, sehingga udara dingin dapat disalurkan melalui jalur tersebut dengan mudah. Pengontrolannya pun biasanya dilakukan pada satu titik khusus saja, sehingga dapat lebih mempermudah penggunaannya.

AC Ceiling

Jenis AC ini hampir mirip dengan jenis AC Casette yang pemasangannya pada plafon ruangan rumah. Namun jenis AC Ceiling umumnya digunakan pada ruangan yang memiliki langit-langit tanpa plafon, sehingga AC ini akan lebih tampak menyatu dengan ruangan.

Tagged , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *