Kesehatan

Ini Obat Gatal Di Selangkangan Yang Perlu Diketahui

Ini Obat Gatal Di Selangkangan Yang Perlu Diketahui

 

Paha bagian dalam gatal bisa disembuhkan dengan obat gatal di selangkangan yang dijual bebas atau dengan resep dokter. Kondisi ini umumnya disebabkan oleh infeksi jamur.

Gatal di selangkangan atau yang disebut juga tinea cruris, biasanya disebabkan oleh infeksi jamur tinea. Jamur ini tumbuh subur di daerah tubuh yang hangat dan lembap, misalnya di lipatan paha bagian dalam (selangkangan), alat kelamin, dan bokong. Keluhan ini sering terjadi pada orang yang banyak berkeringat, sering memakai celana ketat, memiliki penyakit tertentu seperti diabetes atau melemahnya sistem kekebalan tubuh, dan pada penderita obesitas. Pria dikatakan lebih sering mengalami gejala ini tetapi wanita juga bisa mengalaminya. Jika terdapat keluhan Anda membutuhkan obat gatal di selangkangan yang tepat untuk mengatasinya baca juga

Gatal di selangkangan bisa menular dari satu orang ke orang lain, dan sangat mudah menyebar. Bisa melalui kontak langsung dari kulit ke kulit, karena menggunakan pakaian atau handuk yang sama dengan penderita infeksi jamur, atau bisa juga karena kita sudah menderita infeksi jamur lain di kuku atau kurap kaki.

Selain gatal, jamur tinea juga bisa menyebabkan ruam merah berbentuk lingkaran seperti cincin, pada tepi ruam dapat terbentuk lepuhan dan lesi yang tampak lebih aktif dibandingkan bagian tengah ruam. Selain itu, jamur tinea juga bisa menyebabkan sensasi perih atau gatal, dan kulit mengelupas di area yang terinfeksi. Infeksi ini lebih sering muncul pada saat musim panas atau di daerah yang hangat, lembap, dan berawan seperti di daerah beriklim tropis termasuk Indonesia.

Beberapa penyakit lain yang juga dapat menyebabkan gatal di selangkangan yaitu: kutu kemaluan atau pedikulosis pubis, psoriasis inversa (salah satu variasi dari penyakit psoriasis yang mengenai daerah lipatan tubuh), dermatitis intertriginosa (kondisi iritasi pada kulit di daerah lipatan tubuh akibat panas, gesekan berulang dalam jangka panjang, atau kontak dengan bahan iritan tertentu), atau eksim pada daerah lipatan kulit seperti lipat ketiak, lipatan siku, lipatan di belakang lutut, dan lipatan paha.

Gejala eksim di lipatan kulit dapat berupa rasa gatal atau nyeri, sensasi seperti terbakar pada kulit di area lipatan tubuh disertai ruam dan bentol kemerahan. Lesi kulit ini dapat berkembang menjadi luka terbuka, kerak, atau koreng jika sering digaruk atau karena infeksi sekunder. Psoriasis inversa berbeda pada psoriasis pada umumnya yang bergejala kulit kering dan mengelupas. Pada penyakit ini, kulit akan tampak kemerahan, mengkilat, dan licin serta lembap. Kulit yang mengalami radang ini akan terasa gatal atau nyeri seperti iritasi. Kondisi radang yang disertai lembap pada lipatan kulit ini juga dapat memicu infeksi jamur sekunder.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *