Bisnis

Harga Bibit Kelengkeng Matalada

Harga Bibit Kelengkeng Matalada. Bibit kelengkeng matalada ini merupakan sub buah dari kelengkeng biasa,yang mana kelengkeng matalada ini bisa kita dapatkan dari beberapa sumber seperti bij,Stek batang dan juga dengan cara cangkok. Semua cara ini membutuhkan pengaplikasian yang maksimal.

Harga Bibit Kelengkeng Matalada

Kelengkeng matalada merupakan jenis kelengkeng jenis kristalin yang merupakan varietas unggul yang sangat banyak di tanam di pekarangan rumah. Beberapa ciri dari kelengkeng matalada ini yaitu memiliki daging buah yang bening yang mana terdapat adanya biji hitam yang ada didalam kelengkeng matalada ini,yang nantinya akan terlihat secara jelas. Selain itu juga,pucuk dari pohon kelengkeng matalada ini biasanya berbuah secara serentak dan menjadikan masa panen cepat tumbuh dengan buah yang  sangat berlimpah.

Namun rata-rata pembudidaya buah kelengkeng matalada di Indonesia menggunakan 2 cara antara Stek ataupun cangkok karena dengan 2 cara itu kita bisa menghasilkan kelengkeng matalada matalada yang unggul dengan jarak waktu berbuah yang cukup cepat. Harga Bibit Kelengkeng Matalada

Tahap Penanaman Kelengkeng Matalada

Di indonesia sendiri ,budidaya buah kelengkeng matalada sudah mulai tersebar di beberapa daerah mulai dari bagian timur Indonesia sampai bagian selatan Indonesia.  Dalam membudidayakan buah ini kita tidak terlalu membutuhkan banyak lahan karena cukup dengan 1 pohon saja biasanya kita bisa panen atara 5-10 kg buah kelengkeng matalada tergantung dari jenis dan juga percepatan pohon kelengkeng matalada itu sendiri.

Apabila anda berniat untuk mencoa membudidayakan kelengkeng matalada untuk sekedar di konsumsi sendiri atau akan menjadi pembudidaya kelengkeng matalada bisa mencoba bebeapa cara di bawah ini .

Tips Memilih Bibit Kelengkeng Matalada

Hal pertama yang perlu kita lakukan adalah memilih bibit yang akan kita jadikan induk atau pohon kelengkeng matalada. Sampai saat ini ada 3 cara yang cukup populer untuk menumbuhkan kelengkeng matalada yaitu dengan cara biji , Cangkok , dan Stek batang. Setiap cara memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri. Namun apabila anda hanya ingin menanam kelengkeng matalada hanya untuk konnsumsi sendiri  , menggunakan cara tanam biji bisa dilakukan karena tergolong murah dan gampang.

Namun berbeda dengan kondisi apabila anda ingin menjadi penyuplai buah kelengkeng matalada , anda bisa mencobanya penggandaan dengan cara cangkok atau stek. Syarat dari ke 2 cara itu adalah kita harus memiliki indukan yang bagus agar buah dari pohon ini akan bagus juga.

Pemilihan Lahan

Setelah kita sudah memahami cara mencari bibit dari kelengkeng matalada, selanjutnya adalah memilih lahan. Perlu di ketahui sebelumnya kelengkeng matalada merupakan tumbuhan berbuah yang dalam menanamnya tidak terlalu sulit karena bisa hidup di berbagai kondisi tanah . Namun yang perlu di perhatikan adalah kegemburan tanah yang dimana akan mempengaruhi cepat atau lambatnya pohon kelengkeng matalada akan tumbuh.. Bibit Kelengkeng Matalada Harga Murah

Perawatan

Untuk perawatan dari pohon kelengkeng matalada itu sendiri juga tidak terlalu sulit yaitu cukup menjaga kondisi tanah dari pohon kelengkeng matalada tetap lembab dan juga menjauhkan pohon kelengkeng matalada dari berbagai ancaman hama.

Panen di waktu yang pas

Langkah terakhir adalah langkah yang di tunggu-tunggu yaitu masa panen. Dalam panen buah kelengkeng matalada itu sendiri terdapat beberapa tips yang perlu anda ketahui  seperti :

  • Potong di bagian tandan buah
  • Panen dalam 1 pohon sekaligus jangan sebagian -sebagian besar
  • Melihat ciri buah kelengkeng matalada yang dimana apabila sudah matang akan berwarna coklat tua yang biasanya berumur 4-6 bulan.
  • Jangan Memanen di siang hari , usahakan memanen di pagi hari
  • Jangan memanen ketika hujan

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *