Bisnis

Cerita di Balik Suksesnya Distro UNKL347: Antara Gairah dan Idealisme

Jika kamu adalah anak muda kekinian, kenalkah kamu dengan produk UNKL347? Ya, produk UNKL 347 merupakan salah satu dari beberapa distro yang ternama di Indonesia. Merk UNKL347 adalah clothingline yang menjadi pendahulu dari kemajuan industri distro beberapa wilayah di Indonesia.

UNKL347 didirikan pada tahun 1996, saat itu UNKL347 telah menjalani berbagai perkembangan. Sampai sekarang UNKL347 telah memperoleh beragam kesuksesan. Penasaran kisah nyata di balik berhasilnya distro UNKL347 ini?
Yuk simak tulisan di bawah ini.

Perintis UNKL347

UNKL347 dibangun oleh Dendy Darman, Arifin Windarman, Anli Rizandi dan Lucky Widiantara. Merk UNKL347 bermula dari Dendy yang sukses lolos kuliah di Fakultas Seni Rupa, Insitut Teknologi Bandung (ITB) pada tahun 1990 an.

Dandy mengambil jurusan Seni Grafis yang sekarang bertransformasi menjadi jurusan Desain Komunikasi Visual. Dari jurusan inilah hobinya pada desain mendesain. Lalu Ia mulai menggagas untuk menciptakan suatu clothingline.

Asal-Usul Dinamakan UNKL347

Asal-usul clothingline ini dinamakan UNKL347 dikarenakan saat itu Dandy tinggal di rumah kos yang berada di jalan Dago nomor 347. Di rumah inilah, beberapa band indie dan komunitas pecinta desain grafis sangat sering berkumpul. Nomor 347 lah yang menginspirasi Dandy menamai tag 347boadrider. co

Selain itu, kediaman di jalan Dago dengan nomor 347 tersebut menjadi saksi bisu dari cikal bakal kisah perjalanan panjang label distro UNKL 347. Pada tahun 1996, Dandy bersama teman-temannya memiliki pemikiran yang sama untuk membuat bisnis kaos kecil-kecilan. Mereka menyetujui untuk memberi nama 347boardride. co

Namun pada tahun 2003, tag 347. boardrider.co ini berubah nama. Tahun 2002 clothingline ini mengalami lebih banyak perkembangan yang sangat pesat. Sampai setahun kemudian, tepatnya di tahun 2003 mereka mengubah label dengan nama 347/eat yang menggunakan konsep propaganda pada desainnya.

Pada tahun 2006 akhir, eat dihapus dan digant i dengan UNKL347. UNKL347 ini digunakan sebagai sebutan umur yang telah menginjak 10 tahun. After 10 years, close friends call us uncle, itulah tagline dari tag tersebut. Nomor 347 ini sejatinya tak bisa lepas dari nama clothingline ini meskipun namanya mengalami pergantian.

Di Balik Suksesnya UNKL34 Antara Gairah dan Idealisme

Setelah dua dasawarsa bergulat di dunia bisnis distro, pada hakikatnya UNKL347 berdiri bukan tanpa dasar. Di balik kesuksesan atau pemikiran idealis yang selalu dicengkram oleh Dendi adalah memiliki sifat kejujuran, sepemikiran dengan pasar.

Arti dari satu pemikiran dengan pasar adalah bahwa ia beriktiar menjadi diri sendiri yang dikagumi dan menciptakan pengaruh. Semua orang tahu UNKL347 telah membuat sebuah pasar baru.

Sebuah pasar dengan merk pakaian lokal juga mempunyai konsumen sendiri. Walaupun konsumen yang ada masih dikatakan kecil, akan tetapi mereka terhitung sangat loyal.

Di saat pemikiran antara produsen dan konsumennya dapat menjadi satu dan terbentuk, maka ketertarikan keduanya bisa dikatakan sama. Entah itu dimulai dari musik, buku, majalah, film, atau hiburan apapun yang menjadi ketertarikan Dendy dan kawan-kawan. Itu pula yang menjadi daya tarik para konsumen mereka.

Apabila di luar sana masih ada pengusaha yang berburu tujuan pasar tertentu, tidak demikian dengan UNKL347. Mereka tidak perlu berusaha keras. Karena pada hakikatnya target pasar mereka yaitu diri mereka sendiri.

Salah satu hal yang sangat menyenangkan dan menggairahkan ketika apa yang menjadi daya tarik dan ide mereka mampu menjadi sama dengan konsumen. Mereka word play here bisa memaknainya menjadi sebuah produk yang akhirnya bisa disambut positif.

Dendy selalu menekankan untuk bersikap jujur. Pemikiran idealismenya adalah apa yang kamu buat, merupakan bayangan diri kamu sesungguhnya. Ciptakan sesuatu dari apa yang paling kamu tekuni. Begitulah kata-kata yang sering ia jadikan pedoman.

Ciptakan sesuatu yang paling kamu ketahui, itulah pemikiran idealis dari Dendy sang pemilik UNKL347. Dapat menjadi sebuah idealisme dan mampu menjadi gairah tersendiri tatkala apa yang kamu suka juga disukai oleh konsumen.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *