Kesehatan

Cegukan

Cegukan atau singultus yaitu keluarnya nada ciri khas seperti ‘hik’ karena menutupnya pita nada dengan mendadak yang dipicu oleh konstraksi pada diafragma. Diafragma yaitu membran otot pemisah rongga dada serta perut yang mempunyai peranan perlu didalam system pernafasan.Grosir Herbal

Cegukan dapat dihadapi oleh semua kelompok umur, termasuk juga bayi. Jangka waktu saat seorang alami cegukan begitu beragam, tetapi umumnya cuma sebagian menit.Distributor Herbal

 

cegukan

Ada banyak hal yang bisa mengakibatkan diafragma alami kontraksi hingga menyebabkan terjadinya cegukan, salah satunya :

Minuman bersoda
Minuman panas
Minuman beralkohol
Makanan pedas
Rokok
Perut kembung
Perubahan suhu yang berlangsung tiba-tiba
Makan sangat banyak
Makan sangat cepat
Menelan makanan yang sangat panas atau sangat dingin

Terkecuali beberapa hal diatas, cegukan dapat juga dipicu oleh kondisi emosi kita, umpamanya perasaan senang, rasa sedih, atau stres.
Waktu yang Pas Memeriksakan Diri ke Dokter
Jumpai dokter bila Anda seringkali sekali alami cegukan atau cegukan yang dihadapi berjalan lebih dari dua hari. Keadaan ini mungkin berlangsung karena ada :

Masalah metabolisme (umpamanya karna hipoglikemia, hiperglikemia, atau diabetes).
Masalah saraf vagus (umpamanya dalam masalah meningitis, faringitis, serta penyakit gondok).
Masalah system saraf (umpamanya karna cedera berat pada otak, radang jaringan otak atau ensefalitis, tumor, serta stroke).
Masalah pernafasan (umpamanya pada penyakit pleuritis, pneumonia, serta asma).
Masalah pencernaan (umpamanya karna obstruksi usus, radang usus, serta penyakit refluks gastroesofagus (GERD)).
Reaksi psikologi (umpamanya stres, senang, sedih, takut, atau syok).

Terkecuali karena beberapa keadaan itu, cegukan yang berjalan lama dapat juga berlangsung karena resikonya pemakaian obat-obatan, umpamanya :

Obat-obatan kemoterapi (obat yang dipakai untuk membunuh beberapa sel kanker).
Obat pereda nyeri kelompok opioid (umpamanya metadon serta morfin).
Benzodiazepine (grup obat penenang untuk menangani serangan kuatir).
Anastesi (obat yang menyebabkan dampak mati rasa atau hilang kesadaran yang umumnya diberi sebelumnya melakukan prosedur operasi).
Methyldopa (obat yang umumnya diresepkan pada penyembuhan hipertensi).
Barbiturate (satu diantara type obat penenang yang terkadang diberi untuk menangani kejang).
Kortikosteroid (obat untuk menangani pembengkakan serta radang).

Diagnosis Cegukan
Kontrol juga akan dikerjakan oleh dokter untuk ketahui penyebabnya cegukan yang berjalan lama. Pertama-tama, dokter mungkin saja butuh lakukan kontrol saraf untuk mengukur refleks, koordinasi serta keseimbangan umum, kekuatan rasakan sentuhan, tonus serta kemampuan otot, dan daya pandangan pasien.

Bila dokter mencurigai cegukan pasien dikarenakan oleh satu masalah kesehatan, jadi kontrol kelanjutan butuh dikerjakan. Salah nya ialah tes darah untuk mendeteksi sinyal tanda infeksi, penyakit ginjal, atau diabetes. Terkecuali tes darah, dokter mungkin saja juga akan merekomendasikan untuk dikerjakannya :

Endoskopi. Kontrol dengan memakai alat berupa selang memiliki ukuran kecil yang diperlengkapi lampu serta camera ini dikerjakan bila cegukan disangka terkait dengan masalah pencernaan, umpamanya penyakit asam lambung atau refluks gastroesofagus (GERD)
Pemindaian dengan CT scan, MRI scan, atau X-ray. Cara ini dikerjakan untuk meyakinkan adakah masalah pada diafragma, saraf frenikus, serta saraf vagus yang dikarenakan oleh kelainan anatomi.

Penyembuhan Cegukan
Pada masalah cegukan yang berjalan lama, dokter butuh menangani problem yang memicu supaya cegukan dapat berhenti. Misalnya, bila cegukan adalah komplikasi dari penyakit asma berdasar pada hasil diagnosis, jadi perlakuan penyakit asma juga akan jadi prioritas paling utama dokter. Dengan alami, cegukan juga akan reda sesudah asma berhasil dikendalikan. Bila cegukan muncul karena reaksi dari satu obat yang dipakai, jadi dokter butuh sesuaikan dosis obat itu atau bahkan juga menggantinya dengan obat beda yg tidak mengakibatkan resikonya cegukan.

Jika cegukan bukanlah dikarenakan oleh keadaan yang memicu atau reaksi obat-obatan, jadi cegukan itu umumnya juga akan reda dengan sendirinya tanpa ada butuh memperoleh perlakuan medis. Ada cara-cara yang dapat Anda kerjakan untuk menolong hentikan cegukan lebih cepat, salah satunya :

Membungkuk ke arah depan hingga dada Anda merasa seperti tertekan.
Tarik ke-2 lutut sampai menyentuh dada.
Bernapas didalam kantong yang terbuat dari kertas.
Mengecap cuka.
Menelan gula pasir.
Menggigit lemon.
Menahan napas kurun waktu yang relatif singkat.
Minum air dingin dengan perlahan.

Penyembuhan Cegukan yang Tidak Di ketahui Penyebabnya
Bila cegukan yang berjalan lama tidak di ketahui pemicunya, walau kontrol sudah dikerjakan, jadi ada peluang kalau dokter juga akan meresepkan obat untuk menghentikannya. Sebagian type obat cegukan yang mungkin saja ada yaitu gabapentin, metoclopramide, baclofen, haloperidol, serta chlorpromazine.

Yakinkan selalu untuk mematuhi ketentuan gunakan yang dianjurkan oleh dokter untuk hindari resikonya yg tidak dikehendaki. Bila cegukan kembali berlangsung sesudah dosis dikurangi atau sesudah masa pemakaian obat usai, jumpai dokter kembali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *