Kesehatan

Biasakan Memasak tanpa MSG

bumbu dapur

Memasak adalah salah satu kegiatan yang sangat penting untuk menyokong kebutuhan makanan Anda sehari-hari. Sebab tidak setiap saat Anda bisa membeli makanan untuk dikonsumsi. Selain itu Anda bisa menyajikan menu dan rasa masakan yang sesuai selera Anda dengan cara memasak sendiri.

Selain untuk menyajikan rasa masakan yang sesuai keinginan, memasak sendiri di rumah juga dapat menjamin kesehatan dan kualitas makanan yang masuk ke tubuh Anda. Sehingga Anda akan merasa lebih aman. Karena masakan yang Anda beli diluar belum tentu menggunakan bahan-bahan yang sehat dan aman untuk tubuh.

Bagi yang sedang menjalankan diet, menjaga makanan adalah hal yang wajib dilakukan. Diet untuk penyakit hipertensi mewajibkan penderitanya untuk mengurangi asupan natrium (sodium). Sehingga memasak sendiri masakan yang hendak dimakan lebih menjamin hal itu.

Asupan natrium tidak hanya diperoleh dari garam melainkan juga dari bumbu masak yang mengandung natrium/sodium seperti MSG (monosodium glutamat). Selain untuk penderita hipertensi, mengurangi asupan sodium juga penting dilakukan bagi siapapun termasuk anak kecil. Hal ini bertujuan agar peluang hipertensi tidak terpicu.

Sayangnya, masih banyak ibu-ibu rumah tangga yang menggunakan MSG pada masakan yang mereka sajikan untuk keluarga mereka. Alasannya adalah karena ingin meyajikan masakan yang nikmat dan lezat untuk dinikmati oleh keluarga. Namun di sisi lain, peluang terpicunya berbagai penyakit akan semakin besar.

Padahal sebenarnya Anda bisa tetap menyajikan masakan yang enak dan gurih tanpa menggunakan MSG. Anda bisa menggunakan bahan-bahan alami untuk memberikan rasa gurih, seperti bawang bombay, tomat, seledri dan sebagainya.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan kaldu bubuk non MSG yang dapat Anda temukan di supermarket atau toko-toko online. Harga kaldu bubuk non MSG ini cenderung lebih mahal dibanding harga kaldu bubuk yang mengandung MSG. Hal itu tentu bukan penghalang Anda mengingat pentingnya menjaga kesehatan tubuh. Harga kaldu non MSG yang mahal tentu setara dengan manfaat yang bisa diberikan kepada tubuh Anda sekeluarga.

Namun jika Anda kesulitan untuk memperoleh kaldu bubuk non MSG, Anda bisa membuatnya sendiri di rumah dengan cara yang mudah menggunakan bahan-bahan sederhana dan peralatan memasak yang tersedia di dapur Anda.

Cara  membuat kaldu bubuk non MSG sangatlah sederhana. Cukup dengan merebus sejumlah jenis sayuran dan aneka jenis bawang bersama garam. Anda bisa menggunakan kombinasi rasa dengan menggunakan sayuran dan jenis bawang yang berbeda.

Rebuslah sayuran, bawang dan garam tersebut selama kurang lebih 2 jam dengan api kecil hingga airnya habis sambil terus diaduk-aduk agar tidak hangus dan matang merata. Setelah airnya menyusut, pangganglah sayuran tersebut ke dalam oven dengan suhu 150 derajat celcius selama satu jam 15 menit.

Setelah sayuran dikeluarkan dari panggangan, biarkan terkena udara agar mendingin. Lalu masukkan ke dalam blender untuk dihaluskan hingga menyerupai bubuk kaldu yang biasa dijual di pasaran. Maka jadilah kaldu bubuk non MSG buatan Anda yang alami dan aman bagi tubuh.

Kaldu bubuk non MSG ini dapat bertahan lama tanpa harus menggunakan bahan pengawet. Jika Anda menyimpan kaldu bubuk non MSG ke dalam toples atau wadah lainnya yang kedap udara, maka dapat bertahan hingga tiga bulan. Selalu pastikan wadah yang Anda gunakan untuk menyimpan kaldu bubuk ini dalam keadaan yang tertutup rapat dan berada di tempat yang sejuk dan kering, tidak terpapar sinar matahari langsung.

Menjaga kualitas makanan yang Anda konsumsi tentu sangat dianjurkan agar tubuh Anda senantiasa sehat dan terhindar dari berbagai macam penyakit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *