Kesehatan

Benjolan Di Dalam Vagina, Waspadai Penyebabnya!

Benjolan Di Dalam Vagina, Waspadai Penyebabnya!

Vagina yaitu organ berupa tabung yang terbagi dalam otot elastis yang menghubungkan rahim serta leher rahim atau serviks. Sedang vulva yaitu organ kelamin sisi luar yang terbagi dalam labia minora, labia mayora, serta kelenjar Skene toko herbal online 

Beragam Keadaan yang Mengakibatkan Tonjolan di Dalam Vagina

Di bawah ini sebagian keadaan medis yang mengakibatkan munculnya tonjolan didalam vagina serta vulva.

Kista vagina
Tonjolan didalam vagina mungkin saja tandanya ada kista. Kista vagina umumnya keluar pada dinding vagina, berbentuk tonjolan keras seukuran kacang polong atau dapat semakin besar. Terdapat banyak type kista vagina, salah satunya kista Bartholin, kista inklusi, kista Müllerian, serta kista Gartner. Type kista vagina yang banyak didapati yaitu kista inklusi. Kista vagina type ini umumnya keluar sesudah melahirkan atau waktu berlangsung cedera pada vagina.
Kista vagina biasanya tidak menyebabkan rasa sakit. Cuma saja, bila ukurannya besar bisa mengakibatkan ketidaknyamanan waktu terkait sex, waktu jalan atau olahraga, serta waktu menggunakan pembalut type tampon. Bila kista mulai menyebabkan rasa sakit serta nyeri, itu tandanya kalau kista telah terinfeksi serta perlu perlakuan dokter selekasnya. Komplikasi yang berlangsung biasanya yaitu abses vagina, yaitu terjadinya beberapa kumpulan nanah serta cairan yang bisa mengakibatkan kemerahan, nyeri, serta bengkak.

Wanita dengan kista vagina mesti melakukan kontrol oleh dokter kandungan dengan berkala. Hal semacam ini dikerjakan jadi sisi dari perawatan teratur serta untuk lihat perubahan kista itu. Dalam sebagian masalah, kista vagina yang sangatlah mengganggu mesti diangkat lewat aksi operasi.

Kista vulva
Kista vulva berlangsung saat kelenjar yang berada di sekitaran vulva terhalang. Ukuran kista ini beragam, namun biasanya cuma tonjolan kecil yang keras serta tidak merasa sakit, terkecuali bila telah terinfeksi. Kista type ini umumnya hilang dengan sendirinya tanpa ada penyembuhan. Namun bila kista terinfeksi, perlu perlakuan dokter selekasnya.
Kutil kelamin
Tonjolan didalam vagina mungkin saja tandanya kutil kelamin. Kutil kelamin termasuk juga penyakit menyebar seksual yang diikuti dengan timbulnya sebagian tonjolan memiliki ukuran kecil di sekitaran ruang labia, didalam vagina, di leher rahim, serta bahkan juga di sekitaran anus. Kutil kelamin dikarenakan oleh infeksi human papillomavirus (HPV). Penebarannya dapat lewat terkait seksual baik lewat vagina, sex anal, serta sex oral.
Tanda kutil kelamin umumnya berawal dari himpunan tonjolan kecil berwarna merah muda atau cokelat kemerahan. Sebagian kutil kelamin tidak menyebabkan rasa sakit, namun beberapa beda dapat menyebabkan rasa gatal serta perih.

Herpes genital
Herpes genital juga adalah penyakit menyebar seksual yang dikarenakan oleh virus herpes simplex (HSV). Umumnya diikuti dengan terdapatnya gatal, kesemutan, keluar luka seperti sariawan, dan tonjolan pada alat kelamin yang diisi cairan bening. Diluar itu, akan keluar tanda berbentuk demam serta rasa sakit di ruang kelamin serta pantat.
Herpes genital disebarkan lewat sex vaginal (lewat vagina), oral (lewat mulut), atau anal (lewat anus). Tak ada obat untuk herpes genital, namun tingkat keparahan serta lamanya tanda yang keluar bisa dikontrol oleh obat antivirus.

Kulit tumbuh di vagina
Tonjolan didalam vagina mungkin saja dikarenakan oleh vaginal skin tag atau kulit tumbuh didalam vagina. Vaginal skin tag yaitu kulit tumbuh yang keluar di ruang vagina, berwarna sama dengan warna kulit atau lebih gelap, biasanya memiliki ukuran kecil, yakni sekitaran 2-10 milimeter. Kulit tumbuh ini dapat dikarenakan oleh kehamilan, kegemukan, resistensi insulin, aspek keturunan, atau infeksi human papillomavirus (HPV). Kulit tumbuh di vagina dapat mirip polip vagina atau kutil kelamin.
Fordyce spots
Bintik-bintik fordyce adalah tonjolan atau titik-titik kecil atau putih kekuningan memiliki ukuran 1-5 mm, yang biasanya keluar dibagian dalam vulva. Fordyce spots dapat juga keluar di pipi, sisi pinggir bibir, bahkan juga di penis. Biasanya, bintik-bintik ini mulai tampak pada saat pubertas sampai dewasa, tidak beresiko, serta tidak menyebabkan rasa sakit.
Meski sekian, keadaan ini tetaplah butuh memperoleh perhatian dokter, karna sebagian penyakit menyebar seksual dapat berawal dari fordyce spots pada alat kelamin. Jauhi untuk memencet bintik-bintik ini.

Terkecuali beberapa keadaan diatas, peluang beda dari tonjolan didalam vagina atau di ruang sekelilingnya yaitu varises vagina, kanker vulva, atau kanker vagina. Untuk memastikannya butuh kontrol selanjutnya ke dokter.

Perlakuan yang dikerjakan untuk menangani tonjolan didalam vagina bergantung pada pemicunya. Anda dapat juga lakukan perawatan dirumah untuk menangani tanda yang muncul, seperti mandi serta berendam dengan air hangat sepanjang sekian hari, kenakan celana dalam memiliki bahan katun, serta kenakan pakaian yg tidak menghematasi vulva. Yakinkan untuk selekasnya mengonsultasikan ke dokter spesialis kulit serta kelamin bila Anda mencurigai ada tonjolan didalam vagina, terlebih bila tonjolan ini dibarengi yang dirasakan beda, seperti nyeri, gatal, serta keluar darah atau cairan dari vagina.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *