Kesehatan

AYO HENTIKAN PENYEBARAN VIRUS ZIKA SEKARANG!

AYO HENTIKAN PENYEBARAN VIRUS ZIKA SEKARANG!

Pada 11 Oktober 2016, website BBC Indonesia mengutip berita laporan dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) kalau virus Zika “sangat mungkin” selalu menebar ke semua Asia. Serta menurut website itu satu diantara negara yang paling rawan terserang efek yaitu Indonesia. Karenanya sangat perlu untuk kita semuanya untuk berusaha hentikan penebaran virus Zika ini—mulai dari saat ini baca juga 

Benar-benar sangat disayangkan kalau beberapa ilmuwan masih tetap belum juga bisa jawaban dari pertanyaan mengenai bagaimana caranya untuk mengatasi virus Zika, walau telah banyak spekulasi dari beragam riset. Direktur WHO, Margaret Chan menyebutkan, “Para ilmuwan belum juga miliki jawaban pada bermacam pertanyaan gawat sekitar virus Zika. ”

Bila dilihat dari laporan Zika sekitar dunia, sebagian negara telah memperingati warganya untuk siaga waktu mesti berkunjung ke negara yang punya potensi menyebarkan Zika. Umpamanya, Amerika Serikat keluarkan imbauan resmi pada warganya yang tengah hamil supaya tunda gagasannya untuk melancong ke lokasi Asia Tenggara karna resiko terinfeksi virus Zika.

Imbauan itu termasuk juga perjalanan ke Indonesia, Malaysia, Thailand, Filipina, Vietnam, Brunei, Timor Leste, Kamboja, Laos, serta Myanmar. Lalu dari Singapura, laporan resmi pemerintah memerlihatkan kalau sampai 10 Oktober 2016 telah ada 298 masalah Zika di Singapura.

MENGAPA VIRUS ZIKA SEDEMIKIAN DIKHAWATIRKAN?

Virus Zika sering dilihat membahayakan jika menyerang wanita yang tengah hamil. Ya, ibu hamil yang positif terinfeksi virus itu peluang bisa menyebarkan virus itu pada janin dalam kandungannya. Virus disangka dapat menyerang jaringan otot serta system saraf janin, termasuk juga system saraf pusat dalam otak janin, hingga punya potensi mengakibatkan bayi lahir dengan cacat mikrosefali (ukuran otak serta tengkorak yang kecil).

Walau beberapa ilmuwan masih tetap belum juga dengan tentu menyimpulkan kalau virus Zika mengakibatkan cacat mikrosefali, tetapi diketemukan bukti-bukti yang menghadap pada rangkuman itu.

Bacalah juga Apa Itu Virus Zika?

Umpamanya berdasar pada laporan dari Brasil di th. 2015, berlangsung penambahan jumlah bayi yang lahir dengan cacat mikrosefali bersamaan dengan penambahan masalah virus Zika pada ibu hamil. Keseluruhannya pada th. 2015 di Brasil ada sekitaran 500 masalah virus Zika ibu hamil, lalu dari angka itu ada 150 masalah ibu hamil yang melahirkan bayi dengan keadaan mikrosefali.

Diluar itu, ada paling tidak 3 hal-hal lain yang buat virus Zika beresiko. Anda dapat membacanya selanjutnya di artkel : Bahaya Virus Zika yang Mesti Di ketahui.

Virus Zika juga di kuatirkan karna penebarannya relatif gampang, yakni lewat penghubung nyamuk Aedes. Ini yaitu keluarga (famili) nyamuk yang dapat juga jadi penghubung virus penyebabnya demam berdarah, demam kuning, dan chikungunya.

Seperti yang telah kita kenali, di Indonesia penebaran nyamuk Aedes cukup mencemaskan, terutama tampak pada masalah demam berdarah. Hingga awal th. 2016 ini saja, demam berdarah tetap masih menggelisahkan orang-orang Indonesia dengan merebaknya laporan-laporan kasusnya. Bukanlah mustahil yang akan datang di Indonesia juga akan merebak masalah Zika jika kita semuanya tidak bertindak aktif dalam hentikan penebaran nyamuk ini.

BAGAIMANA KITA BISA MENGHENTIKAN PENYEBARAN VIRUS ZIKA?

Seperti telah diterangkan, penebaran virus zika begitu tergantung pada penebaran nyamuk Aedes. Karenanya bila kita menginginkan menghindar wabah Zika di Indonesia, kita mesti sebisa-bisanya hentikan penebaran nyamuk itu.

Hingga sekarang ini tak ada langkah lebih efisien serta lebih strategis terkecuali lewat cara menghimpit populasi nyamuk penyebabnya Zika. Langkah paling pas untuk mengerjakannya yaitu dengan membasmi jentik, larva, atau bayi nyamuk sebelumnya mereka berkembang jadi nyamuk dewasa yang gampang menggigit kita.

Nyamuk Aedes sukai beberapa tempat teduh yang ada air digenangi untuk tempat berkembangbiaknya. Genangan air itu umumnya jernih, bukanlah air kotor atau air yang bercampur tanah. Genangan itu juga umumnya tenang dan tidak terganggu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *