Berkebun

Adanya Insentif Biodiesel, Industri Kelapa Sawit Terselamatkan

Skema pemberian insentif biodiesel adalah usaha untuk melindungi keberlanjutan industri sawit nasional karna pada pertengahan 2015 harga Crude Palm Oil (CPO) anjlok jadi USD500 per ton karena kelebihan pasok.

Direktur Paling utama Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDP-KS) Dono Boestami menyebutkan, efek kebijakan insentif biodiesel itu tidak dapat diliat dengan parsial, dengan memperbandingkan peran perusahaan pada pungutan sawit dengan pemakaian dana sawit.

” Program dana perkebunan kelapa sawit adalah kebijakan makro untuk menyelamatkan perkebunan kelapa sawit Indonesia, agar terbangun keberlanjutannya serta kesejahteraan petani dapat juga lebih baik, ” kata Dono di Jakarta.

Dono menyebutkan, pada 2015, harga CPO tertekan serta berada pada kisaran USD500 per ton, yang disertai dengan masuknya waktu panen di Indonesia.

Penyerapan didalam negeri sedikit, sesaat export tidak bisa dikerjakan karna harga yang terlalu rendah.

” Keadaan itu meneror keberlanjutan kelapa sawit nasional, karna adalah komoditas favorit dari Indonesia, ” kata Dono.

Diluar itu, pada th. itu, kebijakan pemerintah untuk mandatory Bahan Bakar Nabati Type Biodiesel di Indonesia alami masalah berkaitan dengan harga jual yang lebih tinggi dibanding dengan harga bahan bakar type solar.

BPDP-KS bertugas untuk mengumpulkan, mengelola, menaruh serta menyalurkan dana perkebunan kelapa sawit.

Salah satu program yang dikerjakan yaitu untuk tutup selisih kurang pada harga indeks pasar minyak solar dengan harga indeks pasar biodiesel.

Terdaftar, pada 2016 pendanaan biodiesel memperoleh alokasi sebesar 90% yang ditetapkan dengan memperhitungkan keperluan untuk tingkatkan serta menyetabilkan harga CPO.

Pada 2016, produksi biodiesel menjangkau 3, 66 juta kiloliter serta menyerap CPO sejumlah 4, 06 juta kiloliter.

Keadaan itu dapat tingkatkan harga CPO di pasar dunia, seperti pada awal 2016 merangkak naik jadi USD750 per ton.

Tagged , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *