Kesehatan

9 Manfaat Tomat, Buah Yang Disangka Sayur

Tomat memiliki kandungan anti-oksidan alami bernama likopen (lycopene), satu diantara anti-oksidan alami paling kuat yang menolong memerangi radikal bebas pemicu kanker. Diluar itu, tomat juga kaya alfa-karoten, beta-karoten, lutein, kalori, gula, vitamin A, serta vitamin C. Tidak heran bila faedah tomat juga melimpah ruah.Baca Juga

Kanker

Lantaran memiliki kandungan likopen, tomat disangka dapat mencegah beragam kanker beresiko seperti kanker serviks (leher rahim), usus besar, rektum, perut, paru-paru, ovarium, pankreas, prostat, payudara, serta kandung kemih. Tomat disangka menolong melindungi DNA dari rusaknya yang bisa mengakibatkan kanker. Tetapi, anggapan itu masih tetap memerlukan bukti serta riset selanjutnya.

Desakan darah tinggi

Tomat memiliki kandungan potasium atau kalium. Nah, dengan tingkatkan konsumsi kalium dan kurangi natrium (garam-garaman) sangatlah utama untuk turunkan desakan darah. Riset tunjukkan kalau ekstrak tomat disangka dapat kurangi desakan darah pada pasien desakan darah tinggi yang mudah.

Jantung serta pembuluh darah (kadiovaskular)

Kandungan serat, kalium, vitamin C, serta kolin dalam tomat berguna untuk kesehatan jantung. Tingkatkan konsumsi kalium serta kurangi natrium menolong kurangi resiko penyakit kardiovaskular (jantung serta pembuluh darah) serta stroke, melindungi massa otot supaya tak hilang, melindungi kepadatan mineral tulang, serta kurangi resiko pembentukan batu ginjal.

Kulit

Menurut suatu riset, likopen disangka dapat tingkatkan kapabilitas kulit membuat perlindungan diri dari paparan cahaya ultraviolet (UV) yang beresiko serta menolong melindungi kulit terlihat awet muda. Diluar itu, kandungan kolagen serta vitamin C dalam tomat juga berperan jadi anti-oksidan yang menolong mencegah rusaknya kulit oleh matahari, polusi serta asap, mencegah kerutan halus, serta melakukan perbaikan struktur kulit dengan cara keseluruhnya.

Asma

Riset tunjukkan kalau konsumsi ekstrak tomat disangka dapat kurangi tanda-tanda serangan asma pada pasien sesudah atau sepanjang berolahraga.

Katarak

Rajin konsumsi tomat disangka dapat mencegah penyakit mata katarak.

Diabetes

Satu mangkok tomat ceri memiliki kandungan seputar 2 gr serat. Serta riset tunjukkan kalau konsumsi makanan memiliki serat disangka dapat kurangi kandungan gula darah pada pasien diabetes type 1 serta melakukan perbaikan gula darah, lipid, serta kandungan insulin untuk pasien diabetes type 2.

Depresi

Asam folat dalam tomat disangka bisa menolong menangani depresi. Langkahnya, dengan mencegah keunggulan pembentukan hormon homosistein pada badan. Keunggulan hormon itu bisa mengganggu produksi hormon serotonin, dopamin, serta norepinefrin yang mengatur situasi hati, tidur, serta nafsu makan.

Sembelit

Konsumsi makanan dengan kandungan air serta serat tinggi seperti tomat bisa menolong kelancaran buang air besar, meminimalisir sembelit, serta mencegah dehidrasi.

Beragam faedah tomat itu memanglah memerlukan riset serta bukti selanjutnya, tetapi janganlah sangsi untuk konsumsi tomat sehari-hari. Diluar itu, ada yang butuh di perhatikan. Likopen dalam tomat semakin lebih baik diserap oleh badan jika tomat telah dibuat atau di proses, bukanlah dikonsumsi mentah.

Tagged ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *