Mesin

7 Kemudahan Menggunakan Printer Portabel

Dewasa ini banyak sekali perusahaan printer mengeluarkan produk printer portabel dengan berbagai jenis. Namun, dari banyaknya jenis printer portabel yang ditawarkan, printer thermal portabel masih menjadi pilihan utama para pengusaha. Hal ini tentu tak lepas dari berbagai kemudahan yang ditawarkan printer jenis ini. Apa saja kemudahannya? Berikut pembahasannya.

1. Mencetak Lebih Cepat

Bagi seorang pengusaha, efisiensi waktu sangatlah penting, apalagi jika berkaitan dengan pelayanan pelanggan. Itulah sebabnya thermal printer menjadi pilihan utama. Thermal printer memiliki kecepatan cetak yang lebih cepat dibandingkan printer jenis lain. Jika Printer lain hanya mampu mencetak 3 baris per detik, printer thermal memiliki kecepatan cetak 20 baris per detik.

2. Mudah Di-instal

Thermal printer portabel adalah perangkat plug and play, di mana tidak memerlukan proses instalasi yang rumit layaknya printer jenis lain. Kamu hanya perlu menghubungkan printer ini ke perangkat—komputer atau smartphone—kemudian tinggal cetak dokumen yang kamu inginkan. Sangat mudah, bukan.

3. Konektivitas Mudah

Selain instalasi yang mudah, perangkat ini memiliki konektivitas yang lebih lengkap dengan printer kebanyakan. Umumnya printer portabel jenis lain hanya memiliki konektivitas wireless seperti Bluetooth, hal ini tentunya akan menyulitkan ketika hendak digunakan di perangkat lain yang tidak memiliki konektivitas wireless seperti komputer.

Printer thermal umumnya memiliki 3 konektivitas, yaitu Bluetooth, Ethernet atau LAN dan USB. Konektivitas yang beragam ini memungkinkan printer ini dipasangkan ke berbagai perangkat, mulai dari komputer hingga smartphone.

4. Mudah Digunakan

Thermal printer tidak memerlukan pengaturan-pengaturan yang rumit dalam penggunaannya. Oleh sebab itu printer ini dapat digunakan siapa saja, bahkan orang yang tidak pernah menggunakan printer sebelumnya pun tidak akan kesulitan mengoperasikan printer ini.

5. Perawatan Mudah

Thermal printer memang dibuat untuk mencetak dokumen yang sederhana dengan format hitam putih. Oleh sebab itu partisi penyusunnya pun jauh lebih sederhana dibandingkan printer jenis lain. Karena cara kerja dan partisinya sederhana, printer ini tidak memerlukan proses perawatan yang rumit dan jangka waktu perawatannya pun cukup lama dibanding printer jenis lain.

Berbeda dengan printer lain yang mengharuskan kamu mengisi ulang tinta atau mengganti pita dan mengganti cartridge dalam jangka waktu tertentu, thermal printer tidak memerlukan hal tersebut. Kamu hanya perlu mengisi ulang kertasnya jika habis dan printer bisa digunakan kembali.

Kertas yang digunakan untuk thermal printer memang lebih mahal dibandingkan kertas biasa, namun juga dibandingkan biaya yang dikeluarkan untuk membeli tinta dan cartridge, biaya perawatan thermal printer jauh lebih mudah. Oleh sebab itulah printer ini umumnya digunakan untuk usaha, seperti untuk mencetak hasil transaksi payment atau struk belanja.

6. Daya Tahan Lama

Selain perawatannya mudah, cara kerjanya sederhana membuat printer ini tidak memerlukan daya yang begitu besar. Alhasil daya tahan beterainya pun lebih panjang dibanding printer lain yang memiliki banyak fitur. Printer ini dapat bertahan selama 6—7 hari dalam satu kali pengecasan.

7. Kualitas Cetakan Mudah Terbaca

Meskipun cara kerjanya sederhana dan tidak bisa mencetak dokumen berwarna, kualitas cetakan sangat akurat dan presisi. Hal ini tentunya membuat cetakan jelas dan mudah dibaca. Bahkan thermal printer juga bisa digunakan untuk mencetak barcode dan code QR.

Itulah berbagai kemudahan yang bisa kamu dapatkan dari printer portable. Berbagai kemudahan inilah yang menyebabkan printer thermal masih menjadi pilihan utama para pengusaha meskipun tidak memiliki berbagai fitur seperti printer jenis lainnya.

Tagged ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *