Wisata

Bangka Tengah Kembangkan Kebun Timun dan Semangka

Kebun Timun dan Semangka
Kebun Timun dan Semangka

 

Bangka Tengah Kembangkan Kebun Timun dan Semangka , – Bicara tentang Bangka Belitung memang tak ada hentinya. Kepulauan ini mempunyai kekayaan alam yang tidak bisa di pungkiri. Bukan hanya mengulik tentang tempat wisata yang ada, tetapi wilayah Babel juga mempunyai banyak potensi lainnya. Salah satunya adalah seperti perkebunan. Dalam kesempatan kali ini saya mengulas tentang perkebunan di Bangka, khususnya adalah Bangka Tengah.
baca juga : https://www.wisatabelitung.co.id/open-trip-belitung-3-hari-2-malam/

 

Mengutip dari Berita Satu, Kamis 28/6/18 tentang Bangka Tengah yang mengembangkan potensi perkebunan mentimun serta semangka sejak tahun 2015 lalu. Pada saat itu, pemerintah kabupaten Bangka Tengah di kepulauan Bangka Belitung terus berupaya untuk mendorong para petani untuk mengembangkan tanaman seperti semangka dan mentimun. Hal ini karena permintaan terhadap komoditas tersebut lumayan meninggi.

“Saat ini sudah dikembangkan kebun semangka dan timun di Desa Sungkap, Kecamatan Simpangkatis,” sebut Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Bangka Tengah yakni Mahmudin di Koba, sejak Minggu 2015 lalu.

Di sampaikan pula olehnya bahwa tanaman seperti timun dan semangka sangat cocok untuk di kembangkan. Terutama di Desa Sungkap lantaran mempunyai tanah subur dan cocok untuk bercocok tanam.

“Kebun semangka dan timun tersebut di kelola oleh kelompok tani Desa Sungkap, sudah pernah di panen dan hasilnya lumayan banyak,” ujarnya.

Bukan hanya untuk tanaman khusus timun dan semangka saja, namun ia juga menyebutkan tentang tanaman holtikultura lain yang juga di kembangkan. Beberapa tanaman holtikultura tersebut adalah jeruk keprok, terong, serta tanaman jenis sayuran yang lain.

“Tanaman hortikultura akan terus dikembangkan di Bangka Tengah, Jika para petani serius dan tekun maka ini akan menjadi sumber pemasukan,” ujarnya menjelaskan.

Sedangkan untuk tanaman seperti cabai merah, juga sedang di galakkan saat itu di Bangka Tengah dengan luas kebun mencapai 28 hektar dengan produksi mencapai 11.2 ton per hektar.

Ditambahkan olehnya lagi, sejak tahun 2015 lalu, pemerintah pusat meneruskan program dalam pengembangan kawasan holtikultura.

“Pada 2015, pemerintah pusat meneruskan program pengembangan kawasan hortikultura di Banga Tengah melalui dana Tugas Pembantuan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (TP-APBN),” terangnya.
baca juga : https://www.wisatabelitung.co.id

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *